INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK MENGEMAS : Suasana pengemasan sambal baby cumi milik Nining sebelum dikirim ke luar kota dan ke luar negeri.
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MENGEMAS : Suasana pengemasan sambal baby cumi milik Nining sebelum dikirim ke luar kota dan ke luar negeri.

Pesanan sambal baby cumi milik Nining terus berdatangan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun, dia memiliki kendala dalam mengirim produknya seperti kemasanya yang rusak akibat pengiriman yang jauh dan tertimpah saat masuk kargo.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Banyak hal dalam berbisnis kuliner yang belum diketahui Nining. Sehingga, tak jarang terjadi kendala dalam mengirimkan produk–produknya. Dari kejadian tersebut, dia berusaha mencari tempat pelatihan usaha, agar produksi kulinernya yang bisa sampai dengan baik ke tangan konsumen.

“Saya dikasih tahu teman, Pemerintah Kota Depok menyediakan pelatihan bagi UKM yang ada di Kota Depok. Tanpa fikir panjang saya langsung mendaftarkan diri untuk ikut pelatihan yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan  Dinas Koperasi dan Usaha Menengah Kota Depok(DKUM),” ungkapnya.

Dia merasa senang dapat pembinaan dari DKUM Kota Depok, sehingga kemasan produknya sekarang lebih baik dan bisa di kirim ke luar kota maupun luar negeri tanpa khawatir rusak.

“Saya diajarin cara mengemas produk dengan baik. Saya juga diberitahu tentang prodak halal dan juga Haki. Sehingga UKM Ngerantang milik saya sudah terdaftar berkat bantuan DKUM,” sambungnya.

Dia juga mengapresiasi, Pemerintah Kota Depok yang sudah menyediakan wadah bagi pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat bersaing di pasaran. “Masih banyak pelatihan – pelatihan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Depok untuk memjaukan UKM,” tuturnya.

Dalam waktu dekat dia juga akan memasarkan sambal baby cuminya kepada manager–manager artis, yang terlibat dalam sebuah film berjudul Koki Cilik besutan Morgan mantan personil Boyband Smash.

“Mamahnya Patrick, temenya Zidane di Master Chef Junior season 1 mau bawa untuk dipasarkan kepada manajemen artis film tersebut,” ujarnya.

Dia juga berpesan, kepada calon wirausahawan yang akan memulai bisnis untuk tidak menyerah dalam berbisnis. Karena dengan kegigihan dan perbaikan kualitas akan membuahkan hasil yang baik. “Jangan pernah menyerah dalam berbisnis, selalu ada jalan keluar dalam setiap masalah jika kita terus tekun dalam berusaha,” pungkasnya.(dra)