ODOS Disdukcapil Depok Rambah Sekolah

In Pendidikan

 

SANI/RADAR DEPOK
SAMBANGI SEKOLAH: Ratusan orang tua siswa mendatangi SDN Beji 6 untuk membuat akta kelahiran dari program ODOS Disdukcapil Kota Depok, kemarin (24/9).

DEPOK – Program One Day One Service (ODOS) yang diinisiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok mulai merambah ke sejumlah sekolah. Kemarin (24/9) pelayanan pembuatan akta kelahiran dilaksanakan di SDN Beji 6.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, ratusan warga Beji sungguh menunjukan antusiasmenya dengan hadir pada program tersebut. Program ODOS sendiri merupakan terobosan baru untuk warga supaya sadar dengan administrasi penduduk.

“Kepemilikan AK sangat penting, mengingat itu menjadi salah satu persyaratan mendaftar sekolah,” katanya kepada Radar Depok, saat ditemui di lokasi acara, Jalan Bali, Kelurahan/Kecamatan Beji.

Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil, Budi Muhammad mengungkapkan, pelaksanaan  pelayanan pembuatan AK di sekolah sudah berjalan sebanyak tiga kali. Sebelumnya, dilaksanakan di Kecamatan Cilodong dan Sukmajaya.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum. Baik warga Beji yang anaknya bersekolah di sini, ataupun yang ingin melanjutkan pendidikan di luar Beji. Karena pada dasarnya, kepemilikan AK ini merupakan salah satu hak anak yang harus dipenuhi orang tua,” ungkapnya.

Pelayanan pembuatan AK ini bersifat gratis dan langsung jadi. Setelah masyarakat mendaftar dan petugas melakukan input data, tanpa harus menunggu lama, lembar AK tersebut langsung dicetak (print).

Sementara itu, Kepala SDN 6 Beji, Margaretha Hermani Suryaningsih memberikan apresiasi, program ODOS dinilainya merupakan terobosan yang positif. Dengan pelayanan yang dilakukan di sekolah, warga Beji tidak perlu jauh-jauh lagi untuk datang ke Kantor Disdukcapil Kota Depok.

“Selain itu juga, anak-anak yang sudah memiliki AK memudahkan pihak sekolah dalam merekap data, sehingga meminimalisir kesalahan penamaan pelajar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” terangnya.

Di lokasi yang sama, Kepala SDN Beji 8, Sri Pangestuti menuturkan, sebanyak 22 orang tua siswa di sekolahnya  yang belum memiliki AK menghadiri kegiatan tersebut. Dia pun turut mengapresiasi langkah jemput bola yang dilakukan Disdukcapil Kota Depok dengan mendatangi satu sekolah untuk dijadikan center di tiap Kecamatan.

“Mengingat banyak orang tua siswa yang masih kurang mengerti manfaat AK dan sangat membantu sekali bagi orang tua yg kurang mampu namun ingin membuat AK,” tutup Sri. (san)

You may also read!

imam budi pamitan

Daftar ke KPU, IBH Pamit sebagai Dewan

Imam Budi Hartono.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Mendaftar  ke Kantor KPU Kota Depok, di jalan Kartini Raya,

Read More...
daftar ke KPU imam idris

Daftar ke KPU, Idris-Imam Aksi Sosial

DAFTAR : Muhammad Idris dan Imam Budi Hartono saat datang ke kantor KPU Kota Depok,

Read More...
Idris bersama demokrat

Daftar ke KPU, IBH : Kami Siapkan Kejutan

EKSIS : Pengurus dan Kader Partai Demokrat Kota Depok berfoto dengan bakal calon wakil walikota,

Read More...

Mobile Sliding Menu