Parpol Sepakat Kampanye Damai di Depok

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
DEKLARASI: Penyelenggara Pemilu, Parpol dan stakeholder berfoto usai penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai yang digagas KPU Kota Depok di Aula Perpustakaa Depok, Lingkungan Balaikota Depok, Minggu (23/9).

DEPOK – Memasuki tahapan Kampanye Pemilu 2019, KPU Kota Depok beserta 16 Partai Politik (Parpol) melakukan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2018, di Aula Perpustakaan Depok, Lingkungan Balaikota Depok, Minggu (23/9/).

Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati menjelaskan deklarasi juga menandai tahapan pelaksanaan pemilu.

“Dimulai hari ini masa kampanyenya, tiga hari setelah penetapan DCT (24/9), dan berakhir nanti di tanggal 13 april 2018,” ujar Titik.

Titik mengatakan esensi dari deklarasi pemilu damai ini, adalah sebagai satu konsensus kesepakatan bersama. Antara KPU sebagai penyelenggara pemilu, dan Parpol sebagai peserta pemilu.

“Kita harus menjunjung tinggi tahapan pemilu nanti. Apa yang dilarang jangan dilakukan. Untuk mempertegas itu maka deklarasi dibacakan serempak. Banyak pelanggaran yang sifatnya pidana atau krusial, itu yang dicegah. Menjaga kondusifitas dan saling menghormati bisa dijunjung tinggi,” paparnya.

Tidak ada lagi kampanye diskriminatif, mempolitisasi SARA, berkomitmen tidak kampanye hoax. Titik pun yakin, di Kota Depok dapat melaksanakan kampanye sukses dan damai.

“Ini bisa dikatakan ritual yang biasa dilakukan penyelenggara pemilu dengan peserta,” tandasnya.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengatakan, deklarasi damai adalah sala satu tahapan untuk mengikat aturan yang sudah disepakati, yakin untuk menuju Pemilu yang berintegritas dan berkualitas.

“Penyelenggara dan peserta Pemilu harus taat aturan tanpa pelanggaran , waktu pengawasan pada tahapan kampanye, rapat umum, Medsos dan tahapan masa tenang hingga pungut hitung. Contoh dalam masa tenang ada politik uang, ikan terselubung dan kampanye negative, itu tidak diperbolehkan,” kata Luli.

Urgensi pengawas Pemilu, sambung Luli, Pemilu merupakan kompetensi poltik yang rentan dengan pelanggaran atau beresiko pada gaungguan pelaksanaan Pemilu yang berintegritas yang mana hasilnya akan diberikan kepada rakyat. Sehingga, untuk menjamin kualitas dan integritas Pemilu diperlukan adanya pengawasan di seluruh tahapan Pemilu oleh pengawas Pemilu dan masyarakat.

“Bawaslu sebagai pengawas Pemilu siap mengawasl tahapan Pemilu yang telah ditentukan waktunya oleh KPU. Bagi peserta Pemilu yang melakukan pelanggaran dan tidak taat pada aturan, tentu akan kami tindak tegas dan membawa ke ranah hukum, sesuai UU nomor 7 Tahun 2017 yang memberikan keleluasaan kewenangan kepada Bawaslu untuk sampai pada penindakan. Namun, sebelum itu kami lakukan tentu ada tahapan pencegahan secara preventif dan persuasif,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPC Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar mengatakan, dengan adanya deklarasi tersebut, pihaknya akan mengikuti aturan dari penyelenggara Pemilu, seperti zonasi dan regulasi pemasangan APK.

“Kami ingin mengikuti dan memberikan contoh juga ke Parpol lain dan masyarakat. Kuncinya kan bagaimana seluruh Ketua Parpol untuk memegang teguh aturan yang ditetapkan, saya yakin Depok akan kondusif,” kata Miftah.

Sedangkan, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus menyambut baik langkah KPU yang mengumpulkan seluruh Parpol dan stakeholder untuk mendeklarasikan Kampanye Damai. Hal ini, juga sebagai wadah silaturahmi antar Parpol dan stakeholder.

“Saya pikir ini perlu, agar pola pikir yang terbangun dalam Pemilu 2019 adalah Pemilu yang damai, semoga ini bisa disosialisasikan ke masyarakat oleh seluruh Parpol yang ada di Depok,” kata Edi. (cky)

You may also read!

Dadang wihana tentang korona

Satgas Covid-19 : Tidak Ada Jam Malam di Depok

Wakil Ketua I/Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Depok, Dadang Wihana.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberlakukan jam

Read More...
Peternakan ayam di depok murah

Harga Ayam Turun, Peternak Mulai ‘Menjerit’

USAHA : Seorang pekerja sedang mengambil telur hasil produksi Peternakan Ayam di kawasan Kecamatan Cilodong.

Read More...
acara muharram di pengasinan dibubarkan

Acara Muharram Pengasinan Ada Sanksi Atau Tidak, Menunggu Investigasi

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...

Mobile Sliding Menu