INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK PROMOSI: Lurah Jarkasih memperlihatkan olahan pangan bersama pelaku UKM Kelurahan Sukatani.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
PROMOSI: Lurah Jarkasih memperlihatkan olahan pangan bersama pelaku UKM Kelurahan Sukatani.

Kecamatan Tapos menjalani penilaian dari tim penilai dalam lomba Sinergitas Kecamatan. Dalam lomba tersebut, Kecamatan Tapos menampilkan beberapa prodak UKM unggulan dari berbagai kelurahan yang ada di wilayah. Seperti salah satunya produk dari kelompok UKM Kelurahan Sukatani yang menyita perhatian pengunjung yang hadir dalam kegiatan.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di lahan parkir Kecamatan Tapos, sebuah tenda besar dipasang untuk menjadi lapak kelompok UKM kelurahan se-Kecamatan Tapos menjajakan produk unggulannya.

Di tenda tersebut, terlihat seorang pria berambut cepak dan berkacamata sedang memantau pelaku UKM asal Sukatani yang sedang menjajakan produknya.

Dia adalah Jarkasih, Lurah Sukatani. Sambil mengenalkan berbagai macam jenis UKM yang ada di wilayahnya, Jarkasih mengatakan dalam kegiatan tersebut Kelurahan Sukatani memboyong empat kelompok UKM yang terdiri dari UKM Bank Sampah , UKM UP2K, dan UKM RW Ramah Anak RW14.

“Setiap UKM menjual macam–macam produk, ada yang menjual produk kerajinan tangan hingga produk olahan makanan,” ujar Jarkasih.

Menurutnya, UKM tersebut sangat bermanfaat dalam membantu upaya peningkatan ketahanan ekonomi bagi warganya. Sehingga kelurahan selalu mensuport dan membina UKM yang ada di wilayahnya agar bisa lebih berkembang.

“Biasanya kami akan menggandeng Pemerintah Kota Depok untuk melatih pelaku UKM di Sukatani,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Ratna, Koordinator UKM UP2K mengatakan, mereka menjajakan produk pangan unggulan seperti keripik singkong, tahu isi ayam, dan utri singkong.

“Kami menjual produk kami dengan harga mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu,” ujarnya.

Membawa sebanyak 50 pis produk panganan dan langsung diserbu oleh warga yang membeli. “Alhamdulillah dagangan kami habis terjual,” katanya. (*)