Pemimpin

In Utama
K.H.A.Mahfudz Anwar

Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar, MA*)

Setiap kelompok manusia pasti memerlukan Pemimpin. Baik itu kelompok kecil maupun kelompok besar. Bahkan setiap manusia adalah Pemimpin. Mulai dari memimpin dirinya sendiri, memimpin rumah tangganya sampai memimpim komunitasnya.

Islam mengajarkan agar kita memilih Pemimpin dari orang yang terbaik di antara kita. Pertama, baik agamanya. Kedua, baik kecerdasan akalnya. Ketiga, baik akhlaknya. Jadi minimal tiga kriteria itu yang kita jadikan dasar untuk memilih Pemimpin.

Orang yang baik agamanya akan mampu menjaga dirinya dari kejatuhan derajatnya, juga mampu melindungi anggota keluarganya. Dia bisa berperan sebagai ayah yang baik bagi anak-anaknya serta mampu menjadikan istrinya yang solihah, sehingga melahirkan anak-anak yang soleh dan solihah. Intinya kita memilih Pemimpin itu diawali dari kehidupan Rumah Tangganya.

Juga kecerdasan akalnya atau berilmu yang banyak. Sebab dengan ilmunya seorang pemimpin bisa mengarahkan kebijakannya pada pilihan yang mendatangkan maslahat bagi rakyatnya. Bisa menyediakan fasilitas dan sistem pendidikan yang bisa mencerdaskan rakyatnya. Sehingga rakyat yang cerdas melahirkan inovasi dan kreasi yang mensejahterakan minimal dirinya. Sehingga rakyat tidak bergantung pada subsidi, tapi malah bisa berkontribusi kepada negara dan bangsanya.

Tasharruful Imam alar ra’iyyah manuuthun bil-maslahah. Pendayagunaan dan arah kebijakan seorang pemimpin atas rakyat harus mendatangkan kebaikan. Jangan sampai ada kebijakan Pemimpin yang merugikan rakyatnya. Dan dengan kecerdasan akalnya seorang pemimpin bisa mengambil keputusan dalam waktu yang singkat dan tepat.

Faktor akhlak atau moralitas Pemimpin juga sangat penting. Seorang Pemimpin yang bermoral baik bisa menentramkan kehidupan rakyatnya. Dan rakyat sangat butuh ketenteraman dan kedamaian

Kondisi yang damai membuat rakyat enjoy dalam menjalankan tugas-tugas kehidupannya. Komunikasi dengan berbagai arah berjalan dengan baik. Sehingga terjadi simbiosa di antara sesama. Dan merasa senasib sepenanggungan yang akhirnya melahirkan sifat gotong royong, saling membantu di antara sesama. Pemimpin ingin membantu rakyatnya dan rakyat senang membantu Pemimpin nya.

Rasulullah SAW telah mencontohkan kepemimpinannya dengan sempurna. Di dalam kehidupan rumah tangganya dikenal sangat sayang dan melindungi istri dan anak-nya. Di dalam kehidupan bermasyarat, beliau sangat sayang kepada rakyatnya. Beliau sangat memperhatikan kehidupan rakyatnya sampai hal-hal yang kecil. Nabi SAW sebagai pemimpin juga menjadi solusi bagi setiap masalah yang muncul.   Dengan moralitas yang baik Nabi SAW bisa merangkul semua komponen bangsanya. Seperti yang bisa kita baca dalam sejarah Kepemimpinan beliau di Madinah yang dikenal dengan masyarakat madani.

Demikian juga kepemimpinan Abu Bakar Ash-shiddiq yang dipilih karena kualitas agamanya yang sangat baik. Sahabat Anshar dan Muhajirin memilihnya untuk menjadi pemimpin menggantikan Nabi Muhammad SAW juga karena faktor tersebut. Misal kata Umar ra, Abu Bakar kita pilih karena beliau telah ditunjuk jadi Imam shalat fardlu oleh Nabi SAW sewaktu Nabi SAW sedang sakit keras.

Begitulah perjalanan para Pemimpin dalam Islam. Bukan karena kekayaan harta yang dimilikinya. Tapi karena kualitas religiusitasnya. Semoga kita umat Islam tidak gagal paham dalam menentukan pilihan Pemimpin. Sekalipun kita hidup di alam modern ini, tapi Sirah Nabawiyah dan sirah Salafus Shaleh tetap menjadi acuan dalam menentukan Pemimpin yang akan memimpin umat Islam.  Wallahu a’lam bis shawab. (*)

*)Penulis adalah pendidik santri mulai dari level Dasar, menengah, sampai level atas. Tinggal di Kota Depok.

You may also read!

kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...
penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...

Mobile Sliding Menu