RICKY/RADAR DEPOK KROSCEK: Admin Pokja Pemutakhiran Data Pemilih PPK Kecamatan Sukmajaya Mujaidi membantu warga mengecek namanya di DPT yang dipasang di Kantor Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, Rabu (5/9).
RICKY/RADAR DEPOK
KROSCEK: Admin Pokja Pemutakhiran Data Pemilih PPK Kecamatan Sukmajaya Mujaidi membantu warga mengecek namanya di DPT yang dipasang di Kantor Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, Rabu (5/9).

DEPOK – Meningkatkan partisipasi pemilih umum (Pemilu) yang akan digelar pada 17 April 2019, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sukmajaya meminta warga untuk aktif mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang dipasang di kantor kelurahan di Kecamatan Sukmajaya.

Koordinator Pokja Pemutakhiran Data Pemilih PPK Kecamatan Sukmajaya, Mujaidi mengatakan, hal ini untuk memastikan apakah semua warga yang sudah berhak memilih, sudah masuk dalam DPT atau belum.

“Warga harus peduli terhadap pemilu, khususnya mereka yang sudah memiliki hak pilih. Ini dipasang sejak 28 Agustus 2018,” kata Mujaidi kepada Radar Depok, Rabu (5/9).

Mujaidi menjelaskan, masyarakat yang memang memenuhi syarat untuk memberikan hak suara, namun jika tak masuk DPT, diminta untuk melapor dan berkoordinasi dengan pihaknya. Pilihan lainnya, mereka juga bisa langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau PPK Sukmajaya guna memastikan mereka bisa menggunakan hak suara pada hari pencoblosan.

“DPT sudah ditempel oleh petugas di masing-masing kelurahan. Jadi warga silakan mengecek ke daftar DPT yang telah ditempel itu untuk memastikan masuk atau tidak dalam DPT,” pintanya.

Dia melanjutkan, selain meminta warga mengecek apakah sudah terdaftar atau belum di DPT, Mujaidi juga meminta agar masyarakat yang telah masuk dalam daftar pemilih potensial non e-KTP, untuk dapat melakukan perekaman e-KTP.

Dirinya menambahkan, pada rapat pleno terbuka rekapitulasi perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di The Margo Hotel, Jalan Margonda Raya, Selasa (21/8), KPU Kota Depok menetapkan DPT untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.291.297 pemilih.

Sedangkan Kecamatan Sukmajaya sendiri, DPT-nya menjacap 166.391 pemilih, dimana 81.631 laki-laki dan 84.760 perempuan. Ia merinci, di Kelurahan Abadijaya sebanyak 41.720 pemilih, Baktijaya 38.651 pemilih, Cisalak 11.861 pemilih, Mekarjaya 40.991 dan Kelurahan Sukmajaya 12.549 pemilih.

“Kami juga berharap masyarakat ikut aktif menyukseskan Pemilu 2019 dengan datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019. lembaran DPT ini pun sudah diberikan ke tiap RW berikut surat himbauan,” ucap Mujaidi.

Sementara, salah seorang warga Kelurahan Abadijaya, Asti Sianturi mengatakan, dirinya sengaja datang ke kantor kelurahan untuk mengurus administrasi sekaligus mengecek data DPT.

“Saya sekalian mengecek, kebetulan dari anggota PPK membantu untuk mencarikan nama saya,” tutur Asti. (cky)