Pramuka Garuda Depok Harus Menjadi Teladan

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PELANTIKAN: Pramuka Garuda baik siaga dan penggalang berfoto bersama usai melaksanakan prosesi pelantikan oleh Kwarcab Kota Depok, di Balaikota Depok.

DEPOK – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Depok melantik Garuda Penggalang Pramuka sebanyak 93 siswa yang terdiri dari SMP negeri dan swasta. Dari total keseluruhan, 18 orang diantaranya merupakan siswa SMPIT Nurul Fikri (NF). Pelantikan digelar di Aula Teratai, Balaikota Depok.

Pembina Penggalang SMPIT NF, Sultoni mengatakan, pramuka garuda adalah teladan. Artinya, mereka harus menjadi teladan bagi sesama pramuka lain baik di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat.

“Di sekolah menjadi teladan bagi sesama siswa, di rumah teladan bagi teman-teman, dan sebagai warga menjadi teladan bagi masyarakat. Oleh karenanya seorang garuda pramuka harus berperan aktif di sekolah dan di lingkungan rumahnya,” katanya kepada Radar Depok.

Prosesi pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua Kwarcab Kota Depok, Nina Suzana. Seluruh siswa yang dilantik terdiri dari sembilan sekolah. Dianataranya, SMPIT NF, SMPN 3 Depok,SMPN 7 Depok, MTSN Depok, SMP Islam Dian Didaktika, SMPIT Al Haraki, SMP Segar, SMP AL Jihad, dan SMP Isadul Ahfa.

Tahun ini, SIT NF berhasil menjadikan siswanya tujuh pramuka garuda siaga dan 18 garuda penggalang. Total ada 25 pramuka garuda, dimana secara kuantitas menjadi gudep yang berhasil meloloskan jumlah pramuka garuda terbanyak di kota Depok tahun 2018.

“Bagi SMPIT Nurul Fikri, ini adalah angkatan pertama sehingga pelantikan pramuka garuda ini menjadi momen bersejarah bagi sekolah,” jelas Sultoni.

Sementara itu, Nina Suzana mengungkapkan, bahwa pramuka garuda bukan sesuatu hal yang mudah untuk di dapat. Proses penilaian pun lebih mengutamakan minimal 10 tanda kecakapan khusus dan penilaian artinya.

“Adik-adik sudah diambil janjinya, sudah berjanji pada Tuhan, negara, dan orang tua. Itu artinya ini bukan hanya sekedar ucapan, bukan hanya didengat , tapi harus dilaksanakan,” ujarnya.

Nina menuturkan, Garuda pramuka harus mempunyai kreatifitas, karakter diri, karakter sosial, karakter bergaul. Itu semua sudah tertera dalam misi Gerakan Pramuka Kota Depok yang kreatif, mandiri, karakter.

“Semoga kalian bisa menjadi anak-anak garuda, garuda Indonesia, karena kaliana adalah penerus bangsa, menjadi kader-kader bangsa yang tangguh,” tuturnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Wakabina Muda) Gerakan Pramuka Kota Depok, Jozef Kaleb Titawanno mengatakan, karena ini tingkatan pramuka tertinggi, kami banyak berharap keteladan yang dimiliki harus ditularkan ke teman-temannya. Karena di pramuka ada penilaian, pencapaian, kurikulum dan syarat-syarat yang harus dicapai yang ujung-ujungnya adalah life skill.

“Kelebihan menjadi garuda pramuka ialah mulai tahun kemarin ada penambahan nilai untuk masuk ke jenjang SMA, nilainya agak tinggi di garuda pramuka bisa 30-50 poin dr nilai ujian murni. Sementara agenda kedepannya di kwartir cabang saya akan mengadakan khusus geladi pramuka sendiri agar mutu mereka bertahan bahkan meningkat,” tutup Jozef. (san)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu