PT KCI Tambah 356 Kereta

In Utama
Humas PT Kereta Commuter Jabodetabek (PT KCJ), Eva Chairunisa

DEPOK – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), sebagai penyedia jasa layanan kereta rel listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya terus meningkatkan layanan. Masih adanya yang berdesak-desakan saat pagi dan sore, membuat KCI akan menambah kereta.

“Program penambahan kereta selalu dilakukan PT KCI. Sampai dengan 2020 akan ada sekitar 356 unit kereta,” ucap Humas PT T Kereta Commuter Jabodetabek (PT KCJ), Eva Chairunisa, kepada Radar Depok, kemarin.

Penambahan KRL, kata Eva hingga 2020 akan didatangkan secara bertahap oleh PT KCI. Terkait perjalanan KRL di Jabodetabek sekarang ini untuk perhari ada 938 perjalanan yang mengangkut para penumpang.

Menurutnya, sebanyak perjalanan KRL PT KCI memiliki tiga jenis ragkaian dari sisi formasi. Yaitu rangkaian formasi (SF) 12, 10, dan SF 8. Satu perjalanan, jika dilayani oleh rangkaian formasi (sf) 12 maka terdapat 12 gerbong, kalau rangkaian formasi sf 10 maka terdiri dari 10 gerbong. “Sekitar 997 ribu penumpang perhari,” ucapnya.

Eva menambahkan, penambahan kereta untuk memfasilitasi kebutuhan jalur, selalu ada tambahan tergantung kebutuhan dan kepadat penumpang. Sebelumnya, kata dia, jurusan kereta Bandara, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) menambah jumlah gerbong pada rangkaian kereta yang melintas di rute Duri-Tangerang dari delapan gerbong kereta menjadi 12 gerbong.

Eva menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai kompensasi dari berkurangnya frekuensi perjalanan dari biasanya 90 menjadi 80 perjalanan, karena adanya penggunaan jalur oleh Kereta Bandara.

AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
Iklan pariwara tertera dalam gerbong commuter line, tak hanya itu diluar gerbong juga ada sejumlah iklan yang dipajang.

“KRL dua rangkaian formasi 8 gerbong beroperasi di lintas Duri-Tangerang menjadi rangkaian yang menggunakan formasi 10 gerbong,” kata Eva.

Lintas Duri-Tangerang ini juga sebagai solusi, meskipun artinya dengan berkurangnya 10 (perjalanan) dengan penyesuaian jadwal, dilakukan penambahan kapasitas angkut rangkaiannya diperpanjang menjadi 12. “Sebelumnya nggak ada kan. Itu dilakukan secara bertahap,” papar dia.

Eva menjelaskan, untuk penambahan delapan gerbong menjadi 10 gerbong menambah daya angkut penumpang ada prosesnya. Satu gerbong memiliki kapasitas angkut gingga 250 orang “Itu kalau statis nggak turun turun misal dari Duri ke Tangerang. Tapi, kan kalau dinamis jumlahnya bisa lebih dari itu, kan penumpangnya ada yang naik turun,” papar dia.

Untuk itu, sambung Eva, penambahan jam operasional pun juga dilakukan untuk kenyamanan para penumpang.
Seperti malam tahun baru, ia menceritakan pada waktu itu pengguna KRL pada malam pergantian tahun, Minggu (31/12), meningkat sebanyak 20 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 778.900.
Tidak hanya itu PT. KCI sepanjang musim libur juga ada penambahan petugas kebersihan, pelayanan dan pengamanan.

” PT KCI juga mengoperasikan loket portable sebagai fasilitas tambahan untuk pengguna di musim libur yang mayoritas masih menggunakan tiket harian berjaminan. Jadi kami siap melayani penumpang,” ungkapnya.(irw)

You may also read!

ilustrasi PNS ASN indonesia

Ada Lima ASN Positif Covid-19, Berikut Rinciannya

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Mulai menyebarnya Covid-19 di tubuh Apartur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan langkah cepat

Read More...
pembuatan akta kelahiran di depok

Pemohon Akte Kelahiran Fluktuatif di Depok

MENGURUS BERKAS : Sejumlah warga berada di Ruang Pelayanan Disdukcapil, Balaikota Depok untuk mengurus berkas

Read More...
edi sitorus wawancara

Demokrat Depok Siapkan Simbolisasi Penyerahan SK

BERI KETERANGAN : Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus saat dikonfirmasi awak media

Read More...

Mobile Sliding Menu