IST FOR RADARDEPOK DIDEMO : Ratusan buruh yang tergabung dari berbagai elemen perserikatan buruh di Kota Depok menggelar aksi konvoi dan unjuk rasa di depan pabrik dan kantor PT Triple Ace Corporation di Jalan Raya Bogor, KM 34,5 Kelurahan Curug, Cimanggis, Senin (3/9) siang.
IST FOR RADARDEPOK
DIDEMO : Ratusan buruh yang tergabung dari berbagai elemen perserikatan buruh di Kota Depok menggelar aksi konvoi dan unjuk rasa di depan pabrik dan kantor PT Triple Ace Corporation di Jalan Raya Bogor, KM 34,5 Kelurahan Curug, Cimanggis, Senin (3/9) siang.

DEPOK – Gabungan buruh se-Depok menggelar aksi konvoi dan unjuk rasa di depan pabrik PT Triple Ace Corporation di Jalan Raya Bogor KM 34,5 Kelurahan Curug, Cimanggis, siang kemarin. Aksi ini dilakukan menyusul PT Triple Ace Corporation, telah melakukan PHK sepihak dan tanpa ada kompensasi.

Koordinator aksi buruh Depok, Wido Pratikno menyesalkan, sikap manejemen PT Triple Ace yang juga tidak menanggapi aksi buruh. Sudah 2 kali melakukan aksi unjuk rasa dan manajemen PT Triple Ace, tidak juga mau menerima pendemo. “Ini berarti mereka tidak mengindahkan aspirasi serikat pekerja buruh di kota Depok,” katanya dalam orasi, Senin (3/9).

Hingga kini, kata dia masih menunggu kesediaan manejemen agar mau berdialog demi nasib para buruh. “Kami sebagai perwakilan buruh ingin manajemen mau bicara, karena pekerja buruh di perusahaan mereka dilindungi Undang-Undang Ketenagakerjan. Kami sangat kecewa dengan apa yang dilakukan PT Triple Ace,” terang Wido.

Menurutnya, manajemen selama ini selalu sewenang-wenang dalam memberhentikan buruh mereka. Apalagi pembayaran hak karyawan atau buruh, diberikan dengan dicicil seperti kredit motor. ini sangat merugikan para buruh yang di PHK sepihak. Intinya pemakaian tenaga kerja di perusahan ini sudah tidak mengikuti aturan dari Disnaker. Diantaranya tentang batasan umur, pembayaran BPJS dan banyak upah pensiun buruh yang tidak di bayarkan langsung sekaligus. “Selain itu banyak hal menyimpang lain dari aturan yang diterapkan manajemen kepada para buruh,” bebernya.

Hingga aksi berakhir, pihak manajemen PT Triple Ace tak juga mau menemui dan berdialog dengan perwakilan buruh. Para buruh yang berunjuk rasa akhirnya kembali pulang dengan berkonvoi.

“Aksi ini merupakan pra aksi. Karena tidak ada respon dari pihak manajemen PT Triple Ace, maka kami akan melakukan aksi lanjutan dengan masaa yang lebih besar dalam waktu dekat,” katanya.

Kapolsek Cimanggis, Kompol Suyud menuturkan, melakukan pengawalan untuk pengamanan atas jalannya aksi dan konvoi ratusan buruh di Depok ini.

“Kegiatan aksi dan konvoi buruh berlangsung tertib dan aman. Tak ada perwakilan buruh yang diterima pihak PT Triple Ace untuk dilakukan mediasi, sehingga pengunjuk rasa bubar dengan tertib,” kata Suyud.(hmi)