Sasmita Ngubek Empang dengan Warga Depok, Jaga Kearifal Lokal, Wujudkan Keguyuban Warga

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
TRADISI: Anggota DPRD Kota Depok, Sasmita (pegang mik) saat memberikan sambutan dalam acara Ngubek empang RW02 Kelurahan Kalibaru, Cilodong, Minggu (23/9).

Anggota DPRD Kota Depok menghadiri acara Ngubek Empang yang dilaksanakan bersama warga di lingkungan RW2, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Minggu (23/9). Menurut Sasmita, hal tersebut merupakan kearifan lokal yang harus dilestarikan.

Laporan : Ricky Juliansyah

Satu kuintal ikan dilepas oleh panitia yang sebelumnya diberikan Anggota DPRD Kota Depok, Sasmita. Politisi Partai NasDem ini pun memberikan sambutan kepada masyarakat yang hadir untuk mengikuti tradisi yang sudah menjadi kearifan lokal di wilayah tersebut.

Setelah sambutan, warga yang sedari tadi bersiap di pematang empang, langsung masuk ke dalam empang begitu panitia mengakhiri aba-aba, tanda dimulainya acara ngubek empang.

Menurut Sasmita, acara ngubek empang ini tidak akan dijumpai di kota-kota besar, terutama di lingkungan perumahan yang padat penduduk. Sehingga, ia meminta kepada warga RW2 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong untuk melestarikan acara tersebut.

“Di Jakarta, sudah tidak ada ngubek empang, memang empangnya sudah jarang, kalau di Depok kan masih banyak, dan ini sudah turun temurun dilakukann oleh sesepuh kita dulu, sudah jadi kearifan lokal yang harus dilestarikan,’ kata Sasmita.

Meski lumpur menutupi badan dan harus berjuang untuk menangkap ikan bersama warga lain yang turut turun di acara ngubek empang. Namun, bagi Sasmita, hal tersebut bukan kendala, banyaknya ikan yang ditangkap pun bukan menjadi tujuan utama.

Keguyuban warga, silaturahmi dan keceriaan, sambung Sasmita menjadi hal yang utama dalam acara ngubek empang. Meski sederhana, menjadi hiburan masyarakat yang harus dilestarikan.

“Keguyuban warga yang utama, di sini warga berkumpul dan bersenda gurau, yang ada mereka sama-sama terhibur,” ucap Sasmita. (*)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu