SERIUS: Para peserta tes CPNS saat sedang mengikuti seleksi, beberapa waktu lalu.
SERIUS: Para peserta tes CPNS saat sedang mengikuti seleksi, beberapa waktu lalu.

JAKARTA – Formasi CPNS untuk penerimaan periode 2018 hampir rampung. Dalam waktu dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengumumkan jadwal pendaftarannya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi diminta untuk menyiapkan diri lebih lebih awal dan memahami kiatnya.

Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB Mudzakir menyebut beberapa tips yang harus diperlukan bagi calon peserta seleksi CPNS. Pertama, menyiapkan segala kebutuhan mendasar yang nantinya akan diperlukan, termasuk kesehatan.   Disebutkannya, kesehatan merupakan materi seleksi yang harus diperhatikan. Setelah itu pendaftar juga akan mengkuit melalui seleksi kompetensi bidang.

“Tidak kalah penting lagi, pantau terus portal KemenPAN-RB dan BKN (Badan Kepegawaian Negara). Persiapkan adminitrasi selengkapnya. Jaga kesehatan,” jelas dia.

Diketahui, tahapan seleksi CPNS dari pendaftaran hingga pengumuman lolos memakan waktu sekitar tiga bulan. “Nanti ada pengumuman lowongan, ada seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang,” sebutnya.

Hingga kini semua persiapan itu masih terus digodok oleh tim dari KemenPANRB. Bahkan hampir final. Jika semua persiapan itu sudah matang, maka jadwal pendaftarannya dan formasinya akan diumumkan. “Setelah formasi CPNS ditentukan. Tunggu ya infonya. Sudah sangat mendekati final, secepatnya,” tandas Mudzakir.

Pada berita sebelumnya disebutkan pada seleksi CPNS 2018 ini akan lebih memprioritaskan formasi untuk guru, tenaga pendidikan, dan tenaga kesehatan. Penerimaan CPNS ini untuk mengisi sejumlah posisi yang ditinggalkan oleh PNS yang memasuki masa pensiun. Jumlah PNS pensiun itu mencapai 220.000 orang.

Tidak kalah penting lagi, pengisian formasi CPNS tahun ini disesuaikan dengan kebutuhan tingkat beban kerja dari masing-masing Kementerian/Lembaga maupun daerah.

Terpisah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin memastikan rekrutmen CPNS 2018 akan dibuka pada September 2018. “Iya bulan ini,” ujar Syafruddin di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (3/9).

Saat ini kementeriannya masih merampungkan persiapan untuk membuka rekrutmen tersebut. Rekrutmen CPNS memang diagendakan untuk dilaksanakan setelah Asian Games 2018 rampung digelar. Pasalnya, sang menteri juga masih menjabat Chief de Mission alias Ketua Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018. Adapun hajatan akbar olah raga itu resmi ditutup pada Ahad (2/9).

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, baik Asian Games, maupun CPNS merupakan dua perhelatan yang sama besarnya. Sehingga, ada baiknya bila sang menteri fokus terlebih dahulu ke perhelatan tanding olah raga itu.

Selain itu, Bima mengatakan Syafruddin butuh waktu untuk memahami kemajuan persiapan rekrutmen CPNS sebelum bisa mengambil keputusan selanjutnya.

Menurut Bima, rekrutmen CPNS 2018 sejatinya sudah siap secara teknis. Namun, hingga kini jumlah formasi dan posisi yang akan dibuka masih belum ditetapkan. “Ini kan proses yang saya tidak bisa menyentuhnya lagi,” ujar Bima.

Selepas dilantik sebagai Menteri PAN-RB pada 15 Agustus lalu, Syafruddin memang berujar akan berkonsentrasi menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu di Asian Games 2018. “Saya sudah diizinkan untuk menyelesaikan tugas di Asian Games oleh Bapak Presiden,” ujar Syafruddin.

Meski demikian, di hari pertamanya itu, Syafruddin berujar bakal langsung kerja. Langkah perdananya, adalah menggelar rapat dengan jajarannya guna meminta masukan. Ia menegaskan akan.terus melanjutkan program yang telah ada, termasuk rekrutmen CPNS. “CPNS lanjut terus,” ujar Syafruddin. (yes/JPC/gun/tmp)