SANI/RADAR DEPOK SOSIALISASI: UPT Puskesmas Sukmajaya berfoto bersama siswa SD Islam Asih Auladi setelah melaksanakan suntik vaksin Measles dan Rubella (MR), Kemarin (6/9).
yamaha-nmax
SANI/RADAR DEPOK
SOSIALISASI: UPT Puskesmas Sukmajaya berfoto bersama siswa SD Islam Asih Auladi setelah melaksanakan suntik vaksin Measles dan Rubella (MR), Kemarin (6/9).

DEPOK – Di hari ke tujuh pelaksanaan pemberian suntik vaksin Measles dan Rubella (MR), kemarin (6/9), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sukmajaya melaksanakan tugasnya ke tiga sekolah, yakni SD Islam Asih Auladi, SD Islam Al Muhajirin, dan SD Cahaya Singapur.

Petugas Imunisasi UPT Puskesmas Sukmajaya, Andini mengatakan, kegiatan pemberian vaksin sudah berlangsung sejak 30 Agustus hingga 10 September 2018. dengan menyasar anak-anak yang masih duduk di bangku kelas I SD.

“Pemberian vaksin ini juga merupakan program dari pemerintah pusat dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS),” katanya kepada Radar Depok.

            Menurut Andini imunisasi MR ini aman untuk anak. Selain karena peralatan yang higienis, vaksin yang berikan juga sesuai dengan takaran yang ditentukan. Misal, pemakaian sarung tangan setiap melakukan penyuntikan.

Baca Juga  SMPN 6 Depok Galang Dana untuk Lombok

“Jarum yang sudah digunakan langsung dipisahkan ke safety box, jadi tidak dipakai secara bergiliran. Lebih penting, takarannya pasds yaitu 0,5 mililiter,” jelasnya.

Bertempat di SD Islam Asih Auladi, Jalan Akasia IV, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Dari 62 siswa kelas I, sekitar 70 persennya sudah mendapatkan vaksin pencegah penyakit rubella.

Kepala SD Islam Asih Auladi, Ayu Melati merasa bersyukur dengan kegiatan imunisasi di sekolahnya yang berjalan lancar.

“Ada beberapa pelajar yang belum diimunisasi, dikarenakan sedang sakit. Kedepan, akan kita tindak lanjuti kembali dengan pihak Puskesmas Sukmajaya,” tutup Ayu. (san)