150 Guru PAUD-TK di Depok Ciptakan Lagu Anak

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
SINERGI : Ratusan Guru RA-PAUD-TK, kepala sekolah, dan pengawas berfoto bersama usai kegiatan pelatihan menciptakan lagu untuk anak sesuai tema di Aula STIH Iblam, Jumat (26/10).

DEPOK – Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Beji melatih 150 guru RA-PAUD-TK se-Kecamatan Beji menciptakan lagu untuk anak sesuai tema yang ada di kurikulum, di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Iblam, Jumat (26/10).

Ketua PKG, Nuning Putriani mengatakan, pelatihan ini dibuat atas keprihatinan dirinya terhadap guru-guru PAUD yang hanya bisa mengganti syair lagu tanpa mengganti aransemen musik untuk dinyanyikan bersama anak-anak.

“Lagu merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam menyampaikan pelajaran ke anak didik. Untuk itu di seminar ini kami ajarkan guru bagaimana caranya menciptakan lagu yang mudah sesuai dengan tema yang sedang dipelajari,” kata Nuning kepada Radar Depok.

Paltihan bertempat di aula STIH Iblam yang berlokasi di Jalan R. Sanim, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji. Nuning menuturkan, pelatihan ini akan ada skala kelanjutannya. Tak hanya pandai menciptkan lagu, para guru akan diajarkan bermain alat musik keyboard dan gitar.

“Rencananya nanti lagu yang sudah dibuat akan kami rapikan menjadi satu buku. Agar dapat digunakan oleh sekolah-sekolah lain untuk dijadikan metode pembelajaran baru,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kota Depok, Tatik Wijayanti mengungkapkan bahwa pihaknya mensupport pelatihan ini. Karena, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas guru dalam meciptakan strategi atau metode pembelajaran di kelas.

“Saya berharap ke depan tidak hanya Kecamatan Beji, tetapi seluruh guru PAUD di Depok mendapatkan pelatihan seperti ini. Bisa juga dengan membuat lomba cipta lagu untuk anak, untuk mengukur kompetensi para guru di sekolah,” ujar Tatik.

Di lokasi yang sama, senada dengan Tatik, Pengawas PAUD di Kecamatan Beji, Tati Suriati pun turut mendukung pelatihan menciptakan lagu untuk anak ini. Menurutnya dengan lagu, materi pembelajaran yang disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh siswa.

“Harapan saya guru-guru bisa menindaklanjuti hasil dari pelatihan ini dapat direalisasikan di sekolah masing-masing,” terangnya.

Sebagai fasilitator, Ketua Yayasan Iblam, Asri menerangkan, salah satu meningkatkan kualitas anak melalui kualitas kompetensi yang dimiliki guru. Seni merupakan hak yang harus diberikan kepada anak, supaya ruang lingkup yang dimiliki berkembang.

“Saya yakin belajar melalui lagu dan musik, dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak serta wawasan mereka pun juga luas dan berkembang,” tutup Asri Mulyanita. (san)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu