IRWAN/RADAR DEPOK KOMPAK: Kepala Rutan Kelas IIB Kota Depok, Bawono Ika Sutomo bersama 48 Taruna Poltekip, selepas menerima kunjungan studi lapangan, Sabtu (6/10).
IRWAN/RADAR DEPOK
KOMPAK: Kepala Rutan Kelas IIB Kota Depok, Bawono Ika Sutomo bersama 48 Taruna Poltekip, selepas menerima kunjungan studi lapangan, Sabtu (6/10).

DEPOK 48 Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) melakukan studi lapangan ke Rutan Kelas IIB Kota Depok, Sabtu (6/10). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari proses praktek mata kuliah yang tengah dipelajari.

Kepala Rutan Kelas IIB Kota Depok, Bawono Ika Sutomo mengatakan, adaupun praktek studi lapangan ini berkaitan dengan mata pelajaran  Administrasi Pemasyarakatan, ilmu terapan yang tentu harus ada praktek langsung di dalamnya.

“Adik-adik ini angkatan 51. Studi lapangan hanya dilakukan satu hari, pagi sampai siang,” ungkap Bawono kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, sambung dia, dari studi lapangan ini, taruna diajarkan beberapa proses penerimaan warga binaan, mulai dari pencatatan adimistrasi, pemeriksaan kesehatan, hingga nantinya warga binaan bebas.

“Misalnya saat keluar, kan ada bebas murni dan bersyarat. Nah, hal-hal itu yang harus dipahami,” terangnya.

Dirinya berharap agar nanti selepas taruna lulus kuliah, segala ilmu yang diperoleh bisa direalisasikan dengan baik. Artinya siap pakai.

“Mereka ini nantinya akan mengambil tongkat kemudi rutan atau lapas di masa mendatang,” tandas Bawono.

Sementara itu, salah taruna, Jati mengaku senang belajar di Rutan Kelas IIB Kota Depok. Dirinya bisa melakukan praktek langsung dari mata kuliah yang diajarkan di kelas.

Ia mengaku belajar banyak hal, seperti registrasi, pengamanan, dan proses integrasi warga binaan. Dirinya pun melihat suasana rutan sangatlah nyaman, bersih, dan tertib.

“Tentu memang ada perbedaan antara di kelas maupun di lapangan. Misal, saya diajari bagaimana bersikap kepada warga binaan. Karena setiap orang pasti punya cara yang berbeda-beda. Seperi keluhan contohnya,” pungkasnya. (irw)