RICKY/RADAR DEPOK DILANTIK : Komisioner KPU Kota Depok periode 2018-2023 foto bersama usai dilantik di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Nomor 29, Jakarta, Minggu (7/10).
RICKY/RADAR DEPOK
DILANTIK : Komisioner KPU Kota Depok periode 2018-2023 foto bersama usai dilantik di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Nomor 29, Jakarta, Minggu (7/10).

DEPOK – Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, lima komisioner KPU Kota Depok yang telah terpilih, resmi dilantik di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Nomor 29, Jakarta, Minggu (7/10). Mereka akan jadi pengurus untuk periode 2018-2023, dan Nana Shobarna ditunjuk sebagai Ketua KPU Kota Depok.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna kepada Radar Depok menuturkan, pelantikan dilakukan bersamaan dengan 16 Kabupaten/Kota yang lain di kawasan Jawa Barat. Pelantikan tersebut langsung dipimpin Ketua KPU RI, Arie Budiman.

“Dalam kegiatan pelantikan, juga dihadiri oleh sejumlah komisioner KPU RI, Sekjen dan pejabat struktural di lingkungan sekretariat KPU RI, komisioner KPU Provinsi Jawa Barat serta tamu undangan lainnya,” tutur Nana.

Kelima komisioner yang dilantik ini adalah Nana Shobarna sebagai Ketua KPU Kota Depok dan juga Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, umum dan Rumah Tangga. Mahadi Rahman Harahap sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Jayadin sebagai Ketua Divisi Data dan Informasi. Kholilullah sebagai Ketua DIVISI Teknis Penyelenggaraan dan Logistik. Terakhir, Ahmad Soleh Firdaus Habibi Ketua Divisi Hukum dn Pengawasan.

“Kami akan menjadi penyelenggara pemilu yang akan melaksanakan tugasnya melaksanakan kontestasi kepemimpinan dan proses demokratisasi di Kota Depok untuk periode 2018-2023,” tutur Nana.

Atas hal tersebut, Nana mengaku bersyukur, karena setelah melalui tahapan seleksi yang panjang, akhirnya diamanahkan kembali menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat Kota Depok, serta ditunjuk sebagai Ketua KPU Kota Depok.

“Alhamdulillah, akhirnya setelah melewati proses dan tahapan yang panjang kami hari ini resmi telah dilantik. Setelah dilaksanakan pelantikan kemudian dilanjutkan dengan pleno pemilihan ketua, dan rekan-rekan komisioner mempercayakan kepada saya untuk menjadi Ketua KPU Kota Depok Periode 2018-2023. Saya akan terus melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di lembaga yang saya cintai ini,” ungkap Nana.

Adapun proses dan tahapan yang telah dilalui itu, sambung Nana, dimulai dari penelitian administrasi, tes tertulis dengan metode CAT, tes psikotest, tes kesehatan, wawancara dan fit and proper test. Kegiatan tes tersebut telah dilakukan sejak bulan Juli yang lalu kepada 40 orang peserta yang mengikuti seleksi.

“Kegiatan pelantikan yang dilakukan pada hari ini dilakukan kepada 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, salah satunya adalah Kota Depok. Depok adalah salah satu wilayah yang Akhir Masa Jabatan (AMJ) komisionernya telah berakhir sejak tanggal 2 Oktober 2018,” sambung Nana.

Kata Nana, kelima komisioner yang telah dilantik ini berasal dari berbagai latar belakang, ada yang incumbent, ada yang dari PPK, Panwascam dan juga dari pegiat kepemiluan. Setelah pelantikan ini pun, pihaknya berkomitmen untuk meneruskan apa yang telah dilakukan oleh komisioner sebelumnya, yang telah berhasil menciptakan iklim demokrasi yang kondusif di Kota Depok.

Dia menambahkan, hal pertama yang akan dilakukan adalah membangun kesolidan tim internal, merumuskan segera langkah-langkah yang diambil dan dilaksanakan dalam waktu dekat, segera berkomunikasi dengan semua stakeholder, melaksanakan kelanjutan dari tahapan pemilu 2019.

“Kami mohon doa restu dan dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kota Depok, agar kami dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ucap Nana. (cky)