Bawaslu Depok for Radar MULAI BERTUGAS: Ketua dan Komisioner Bawaslu Kota Depok sedang foto usai mengikuti Bimtek di IPDN, Jatinangor, Bandung.
RICKY/RADAR DEPOK
KOMPAK: Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok saat foto bersama di salah satu acara.

DEPOK – Memasuki masa kampanye untuk Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, Bawaslu Kota Depok memberikan lima himbauan kepada peserta pesta demokrasi lima tahunan.

Hal tersebut disampaikan Divisi (Kordiv) Pengawasan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana kepada Radar Depok.

Pertama, kata Dede, peserta Pemilu adalah partai politik, calon anggota DPD dan Pasangan calon presiden-wakil presiden, maka seluruh aktivitas kampanye yang dilakukan para caleg harus dalam koordinasi Parpol.

“Kedua, agar dana-dana yang bersifat personal caleg disetorkan ke rekening dana kampanye masing-masing parpol. Sehingga, seluruh pengeluaran kampanye terkoneksi dengan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Parpol,” kata Dede.

Ketiga, lanjut Dede, agar parpol dan atau pelaksana kampanye melakukan pemberitahuan kegiatan paling lambat H-1 kepada kepolisian dengan tembusan kepada KPU atau Bawaslu Kota Depok.

Kemudian, keempat, agar Parpol menyampaikan kepada tim kampanye paslon presiden-wakil presiden masing-masing perihal perlunya laporan tim kampanye tingkat Kota Depok berikut laporan awal dana kampanye.

“Terakhir, kami mengimbau agar seluruh aktivitas relawan terkoneksi dengan tim kampanye, jadi tidak ada aktivitas kampanye liar,” tegasnya.

Dede menambahkan, pihaknya pun telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan KPU dan Parpol, dimana hasil rakor yang telah disepakati yakni, Menyepakati jumlah penambahan Alat Peraga Kampanye (APK) di luar APK yang difasilitasi oleh KPU, yaitu lima baliho per-kelurahan per-parpol, kemudian 10 spanduk per-kelurahan per-parpol dengan ukuran maksimal sebagaimana diatur oleh KPU.

“Parpol melaporkan desain APK tersebut kepada KPU sebelum dicetak dan APK itu juga harus dipasang di titik-titik yang telah ditentukan,” ucap Dede. (cky)