DICKY/RADARDEPOK MELUAP: Jalan Raya Keadilan, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, digenangi air yang berasal dari saluran irigasi, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
MELUAP: Jalan Raya Keadilan, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, digenangi air yang berasal dari saluran irigasi, kemarin.

DEPOK – Kemarin, Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat mengurangi kecepatannya saat melintas di Jalan Raya Keadilan, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas. Musababnya, jalan tersebut tergenang air yang berasal dari luapan saluran irigasi.

Salah seorang warga RW1 kelurahan setempat, Muhayat mengatakan, genangan air yang berada di Jalan Raya Keadilan kerap terjadi apabila saluran irigasi tersebut tidak dapat menampung air. Hal itu dikarenakan, saluran irigasi yang berada tepat disisi Jalan Raya Keadilan tidak dapat menampung air dan jalannya air mengalami gangguan.

“Hujan ataupun tidak apabila kiriman air dari hulu banyak maka jalan Keadilan akan tergenang,” ujar Muhayat kepada Radar Depok.

Muhayat menjelaskan, meluapnya air dikarenakan banyaknya jembatan milik warga yang berada diatas saluran irigasi. Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan, sehingga saluran tersebut banyak dipenuhi sampah hingga sampah tersangkut diatas jembatan milik warga dan menyebabkan meluapnya air.

Sementara itu, Lurah Rangkapanjaya Baru, Zayadi menuturkan, kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih perlu mendapatkan pembinaan. Terbukti sampah yang tersangkut dibadan jembatan menjadi penyebab tertahannya laju air didalam saluran sehingga meluap kebadan jalan.

“Kami sudah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah kedalam salurah irigasi,” tutup Zayadi. (dic)