INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK BERSIH–BERSIH: Satgas SDA Kota Depok mengangkuti sampah di sebuah kali yang ada di wilayah Kecamatan Tapos
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
BERSIH–BERSIH: Satgas SDA Kota Depok mengangkuti sampah di sebuah kali yang ada di wilayah Kecamatan Tapos

Menanggapi permasalahan sampah yang cukup pelik di wilayah Kecamatan Tapos, Camat Tapos, Hasanudin langsung meresponya dengan mengadakan gerakan masal dengan mengajak seluruh unsur masyarakat yang ada di Kecamatan Tapos untuk bersama–sama mengentaskan masalah persampahan yang tak pernah berujung di wilayahnya.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di ruang kerja nan sejuk,  Camat Tapos, Hasanudin baru saja menyelesaikan ibadah salat. Duduk di sebuah sofa empuk yang tersedia di ruangan, dia mengatakan tanggal 6 Oktober ini dirinya akan mengaktifkan satgas pemberantasan sampah liar yang ada di wilayahnya.

“Satgas tersebut beranggotakan semua unsur yang  ada di kecamatan. Mulai dari camat, lurah, LPM, BKM, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga,” ujar pria dengan peci yang tak pernah lepas dari kepalanya tersebut.

Tanggal 6 Oktober mendatang pihaknya akan terjun ke lokasi yang banyak sampah untuk melakukan pembersihan. Namun sebelumnya, pada pukul 03.00 dini hari, tim lebih dahulu melakukan brifing.

“Brifing itu berkaitan dengan rencana operasi senyap kami sebelum melakukan bersih-bersih. Kalau ada pelaku pembuang sampah liar akan kami tindak tegas,” sambungnya.

Dia tidak menampik akan sulitnya memberantas maraknya sampah liar. Namun dia berharap dengan berjalanya satgas tersebut dapat memberi rasa nyaman bagi warga dan bisa mengurangi sedikit populasi sampah di wilayahnya.

“Permasalahan sampah memang pelik. Tapi kami terus berupaya mengentaskannya,”tutup Hasanudin. (*)