Sani/Radar Depok PAUD : Kepala Bidang PAUD DIKMAS Disdik Kota Depok, Tatik Wijayanti saat pelantikan pengurus pos Paud Indonesia.
Sani/Radar Depok
PAUD : Kepala Bidang PAUD DIKMAS Disdik Kota Depok, Tatik Wijayanti saat pelantikan pengurus pos Paud Indonesia.

DEPOK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mendorong sejumlah sekolah untuk meningkatkan peran keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan. Pasalnya, program ini sejalan antara misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dengan program unggulan Kota Depok, yakni Sahabat Keluarga.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD DIKMAS) Disdik Depok, Tatik Wijayanti mengatakan, jika membahas satuan pendidikan artinya melibatkan semua jenjang pendidikan. Mulai dari PAUD hingga SMA. Seluruhnya harus menyelenggarakan Pendidikan Keluarga (PK) di sekolah masing-masing.

“Karena keselarasaan misi dan program unggulan inilah, Kota Depok menjadi salah satu percontohan (pilot project) program PK dari Kemendikbud,” katanya kepada Radar Depok, saat ditemui di Balaikota Depok.

Sosialisasi PK sebenarnya mulai diintensifkan sejak tiga tahun terakhir. Untuk tahun ini, Kota Depok mulai pada tahap Monitoring dan Evaluasi (Monev). Karena untuk mengimplementasikan program PK, diperlukan adanya pendampingan dari para kepala sekolah dan pengawas. Nantinya kepala sekolah dan pengawas yang akan menelusuri keaktifan para orangtua siswa dalam setiap kegiatan di sekolah. Implemenetasi PK di setiap sekolah bisa dikatakan hampir 100 persen.

“Sudah hampir (100 persen) hanya saja ada bagian yang belum maksimal dijalankan. Misalnya belum adanya kepengurusan komite sekolah. Tahun ini, kita akan bantu semua kepsek untuk memaksimalkan peran keluarga dalam setiap kegiatan di sekolah,” tutup Tatik. (san)