Qonita Luthfiyah, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok
Qonita Luthfiyah, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok

DEPOK – Wujud kecintaan terhadap budaya bangsa, adalah berupaya menjaga dan melestarikan budaya tersebut. Seperti halnya batik yang ditetapkan United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia.

Untuk itu, Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Luthfiyah mengharapkan, agar seluruh bangsa Indonesia bangga menggunakan batik dan menjaga kelestariannya. Sehingga, tidak tergilas oleh budaya barat dan kecanggihan teknologi.

“Sebagai WNI, harus bangga menggunakan batik, karena batik merupakan warisan budaya nusantara dan dengan memakai batik,kita telah menjadi warga negara yang ikut melestarikan budaya nusantara. Di dunia internasional saja, saat ini sudah banyak yang memakai batik menjadi fashion,” kata Qonita kepada Radar Depok, Selasa (2/10).

Menggunakan batik, kata Qonita juga dapat membantu roda perekonomian masyarakat yang terlibat pada proses pembuatan sampai penjualannya. Selain itu, penting juga menghargai para pengrajin batik yang menjadi ujung tombak dalam menjaga kelestarian batik itu sendiri.

“Oleh karena itu, penting untuk menghargai keberadaan batik berikut juga para pembatik dengan cara memakai batik tulis atau batik cap. Harus kita support para pengrajin batik dengan membeli dan menggunakan hasil karya mereka,” tutur Qonita. (cky)