AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK TERJEBAK: Kemacetan kerap terjadi di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas. Pemprov Jawa Barat rencananya akan membantu pembangunan dua fly over untuk mengatasi kemacetan.
TERJEBAK: Kemacetan kerap terjadi di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas. Pemprov Jawa Barat rencananya akan membantu pembangunan dua fly over untuk mengatasi kemacetan. Foto:Ahmad Fachry/Radar Depok

RADAR DEPOK – Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) membantu atau menghibahkan dua fly over (FO) untuk mengatasi kemacetan disambut baik Pemerintah Kota Depok.

Bantuan ini seyogyanya akan dikoordinasikan lebih dulu dengan Walikota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Depok, Manto Jorgi mengatakan, kemungkinan yang sangat mendesak dibangun FO yakni di Jalan Dewi Sartika (lintasan kereta api) dan di Persimpangan Kodim Jalan Raya Sawangan.

“Di kedua titik tersebut sangat signifikan (dibangun fly over) untuk mengatasi masalah kemacetan,” kata Manto kepada Radar Depok, kemarin.

Status Jalan Dewi Sartika milik Pemrov Jabar sedangkan Jalan Raya Sawangan merupakan jalan nasional.

Manto akan mengusulkan ke dua titik jalan tersebut ke Walikota. Jika disetujui, maka usulan tersebut selanjutnya disampaikan ke Gubernur Jawa Barat.

Untuk lahan, kata Manto, bisa saja menjadi beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemrov Jabar, atau sebaliknya.

“Tahun ini juga. Dengan harapan bisa diusulkan pada Musrenbang 2019 untuk kegiatan tahun 2020,” kata Manto.

Kepala Bappeda Depok, Widyanti belum mendapat informasi pemberian hibah pembangunan fly over dari Pemrov Jabar untuk mengatasi kemacetan di Depok.

“Belum dapat. Nanti dicek dulu ke Provinsi Jabar. Baru nanti dikoordinasikan dengan pemerintah daerah terkait,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil prihatin dan siap membantu mengatasi persoalan kemacetan di Kota Sejuta Belimbing ini.

Emil-sapaan akrabnya-mengatakan, membantu persoalan kemacetan di Depok akan masuk di program hibah (hadiah) Pemrov Jabar ke Pemerintah Kota Depok. Hadiah ini berupa dua fly over.

“Jatah dua fly over untuk mengatasi kemacetan. Silakan pilih lokasinya,” kata Emil menawarkan ke Pemkot Depok saat kegiatan Salat Subuh keliling Masjid Al Ikhlas Parung Bingung, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Sabtu (6/10). (irw)