Yulia Oktavia, Kabid Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK
Yulia Oktavia, Kabid Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK

DEPOK – Guna meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak-anak Kota Depok, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok membentuk Forum Anak Depok.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, Forum Anak akan menyambangi pelajar di sekolah-sekolah. Demi menjalankan perannya sebagai pelopor dan pelapor.

“Namanya Forum Anak Goes To School yang akan dilakukan pada 11 sekolah jenjang SMA/SMK di Kota Depok,” katanya kepada Radar Depok, ditemui ruang kerjanya di Balaikota Depok.

Yulia menjelaskan, terkait peran forum anak sebagai pelopor artinya anak harus terlibat aktif dalam memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat, serta menginsipirasi banyak orang agar ikut terlibat.

“Sedangkan untuk pelapor adalah mereka harus terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat dan pandangan ketika mengalami, melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan anak disekitarnya,” jelasnya.

Dia mencontohkan, ketika terjadi sesuatu yang aneh di dirinya dan sekitarnya harus dilaporkan kepada badan yang menangani permasalahan perlindungan anak seperti P2TP2A.

“Jika menyangkut perempuan bisa menghubungi Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA), dan lain sebagainya,” tutup Yulia. (san)