DEPOK – Kecanduan minuman keras (miras), membuat HR (19) tidak pikir panjang untuk menggondol kotak amal di minimarket kawasan Kecamatan Beji. Kini, HR (19) hanya bisa tertunduk lemas akibat ulahnya itu. Dari tangan tersangka, polisi juga berhasil menyita sejumlah uang tunai yang diduga didapatnya usai menjebol kotak amal yang berada di dalam toko.

Dengan wajah memelas, pemuda ini pun mengaku, aksi nekatnya itu baru dilakukan pertama kali. Parahnya, uang curian dari kotak amal itu diperuntukan membeli miras. Pengakuan miris pemuda tamatan SD itu diungkapkan dihadapan polisi dan awak media di Mapolsek Beji, Senin (22/10) lalu.

“Saya baru kali ini pak, saya enggak punya uang makanya nekat. Tadinya duitnya buat jajan dan buat beli minuman (miras),” kata HR sambil tertunduk lemas.

Sementara itu, Kapolsek Beji, Kompol Yenni Sihombing mengatakan, sepak terjang pelaku terlacak, karena terekam kamera pengintai alias CCTV. Pelaku melancarkan aksinya dengan modus membobol atap pada saat toko tutup, yakni pada hari Sabtu dini hari, 20 Oktober 2018.

“Jadi dari hasil penyelidikan, yang bersangkutan masuk ke toko lewat atap dengan cara menjebol plafon,” katanya pada wartawan.

Sialnya, ketika itu HR belum sempat membawa kabur barang jarahan. Sebab, aksinya keburu terhenti ketika alarm toko bunyi. Dia belum sempat menikmati barang hasil curiandan meninggalkan tumpukan rokok dan beberapa barang curian lainnya.

Apesnya lagi, wajah HR rupanya terekam kamera pengawas toko. Alhasil, beberapa pegawai yang mengenalnya kemudian melaporkan kasus itu ke polisi. Dan tak butuh waktu lama, pemuda nganggur itu pun berhasil dibekuk di kediamannya tanpa perlawanan.

“Akibat ulahnya itu, HR pun kini terpaksa meringkuk di balik jeruji besi. Kasusnya ditangani Polsek Beji,” katanya. (cr1)