AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK ASIK BERMAIN : Sejumlah anak saat asik bermain di aliran Sungai Ciliwung, Kecamatan Pancoranmas, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
ASIK BERMAIN : Sejumlah anak saat asik bermain di aliran Sungai Ciliwung, Kecamatan Pancoranmas, kemarin.

DEPOK – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar), akan menata Sungai Ciliwung. Penataan ini merujuk belum bersihnya area sungai dari sampah.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, akan menata Sungai Ciliwung yang berada di wilayah Depok, yang sering dikeluhkan warga karena sampah yang menumpuk.

“Sudah masuk dalam konsep penataan Sungai Ciliwung, Depok, karena kan air sangat melingkupi semua wilayah, ya. Jadi, jangan hanya Sungai Citarum saja yang diramaikan, sementara Jawa Barat bukan hanya Citarum saja. Kan Depok juga ada sungai. Jadi, semua kita sama ratakan,” ucap Uu Ruzhanul kepada Harian Radar Depok, belum lama ini.

Uu mengungkapkan, rencana penataan Sungai Ciliwung ini sudah dibicarakan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC). “Sudah dibicarakan kok, tetapi memang belum feedback konsepnya bagaimana untuk Sungai Ciliwung ini,” ujar Uu.

Namun, sebelum penataan, lanjut dia, pihaknya akan mengawali dengan mengatasi masyarakat yang masih belum sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kita mulai dari sadarkan dahulu nih masyarakatnya untuk tidak buang sampah sembarangan, lalu kita lihat sodetan-sodetan yang ada di sungai ini,” terangnya.

Dia menyebut, Pemprov Jawa Barat siap menganggarkan dana untuk menata Sungai Ciliwung. “Siap dong, kita siap keluarkan anggarannya buat Depok itu memang sudah ada,” ujar Uu.

Menangapi hal ini, DPUPR Depok mengamini rencana Pemrov Jabar akan menata Sungai Ciliwung.

“Kalau rencana mau bantu kita tunggu. Kalau progres penataan Ciliwung DPUPR Depok tidak ada, karena Ciliwung kewenangan pusat BBWSCC,” singkat Kepala Bidang SDA DPUPR Depok, Citra Indah Yulianti.

Meski begitu program penataan Sungai Ciliwung adalah program nasional dan masih menunggu Peraturan Presiden (Pepres).(irw)