DICKY/RADARDEPOK LEBIHDEKAT: Babinsa Kelurahan Duren Seribu, Serma Eko saat menyambangi Posyandu RW3, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
LEBIHDEKAT: Babinsa Kelurahan Duren Seribu, Serma Eko saat menyambangi Posyandu RW3, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

Menjadi anggota TNI tidak serta merta bertugas menjaga kedaulatan negara. Namun, TNI yang bertugas sebagai Babinsa memiliki peran untuk bersentuhan kepada masyarakat. Hal itu tergambarkan kepada Babinsa Kelurahan Duren Seribu, Serma Eko Triyugo Yulianto.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Posyandu RW3, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, dipenuhi kaum ibu dan balita yang sedang melakukan kegiatan rutin melakukan penimbangan dan pemeriksaan kesehatan. Terlihat, Babinsa Kelurahan Duren Seribu, Serma Eko Triyugo Yulianto membantu kegiatan posyandu tersebut.

Usai memberikan bantuan, Serma Eko mengatakan, sebagai Babinsa sudah selayaknya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain menjalankan tugas Koramil 05 Sawangan, dia kerap membantu setiap kegiatan dilingkungan masyarakat, salah satunya kesehatan balita melalui posyandu.

“Kami ingin berdekatan dengan masyarakat dalam setiap kegiatan apapun,” ujar Eko.

Pria yang telah beruban tersebut mengungkapkan, setiap bertemu dengan masyarakat khususnya yang memiliki balita, dia kerap mengingatkan untuk rutin mendatangi posyandu. Menurutnya, posyandu merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Bahkan, melalui posyandu Balita mendapatkan imunisasi dan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh.

Eko menuturkan, membantu masyarakat merupakan salah satu tugas Koramil 05 Sawangan dibawah naungan Kodim 0508 Depok. Selain menyambangi Posyandu, dirinya sesekali kerap memberikan pendampingan kepada petani dalam menyukseskan swasembada pangan.

Tidak hanya itu, dia tidak pernah bosan untuk mengingatkan pengurus lingkungan maupun masyarakat untuk meningkatkan keamanan lingkungan.

“Kami akan terus bersinergitas dengan masyarakat dalam kegiatan apapun dilingkungan,” tutup Eko. (*)