SANI/RADAR DEPOK BERBAUR: Seluruh siswa yang terdiri dari SLBN Kota Depok dan SDIT Al Qalam bernyanyi bersama dengan guru dalam kegiatan kunjungan.
SANI/RADAR DEPOK
BERBAUR: Seluruh siswa yang terdiri dari SLBN Kota Depok dan SDIT Al Qalam bernyanyi bersama dengan guru dalam kegiatan kunjungan.

SLB Negeri Kota Depok mendapat kunjungan spesial dari SD Islam Terpadu (SDIT) Al Qalam, kemarin (12/10).  Kunjungan tersebut guna menyambung tali silaturahmi antara satuan pendidikan, sekaligus merealisasikan salah satu program sekolah dari SDIT Al Qalam, yakni kegiatan sosial edukasi.

LAPORAN : NUR APRIDA SANI

Kepala SDIT Al Qalam, Syaiful Dahlan mengatakan, program kunjungan sosial edukasi merupakan program tahunan bagi kelas VI mengunjungi panti dan yayasan sosial. Tahun ini giliran SLBN Kota Depok yang menjadi lokasi kunjungan.

“Kegiatannya keliling yayasan setiap tahun menjelang siswa-siswi kelas VI Ujian Nasional (UN). Jadi diawali dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” kata Syaiful kepada Radar Depok.

Dia berharap program ini dapat membawa nilai positif kepada anak didiknya. Yakni, dapat menggugah empati untuk lebih menghargai sesama insan manusia. Tak hanya berkunjung, pihak sekolah pun juga memberikan bingkisan berupa alat tulis, buku, dan perlengkapan penunjang belajar lainnya.

“Semoga usai kunjungan, anak-anak semakin termotivasi belajarnya. Belajar semakin rajin dan intinya dapat menghargai,” harapnya.

Tidak ada batasan antara siswa, kedua sekolah berbaur dalam seluruh rangkaian kegiatan. Di antaranya, senam bersama, games, dan bernyanyi bersama.

Sementara itu, pihak SLBN Kota Depok pun menyambut positif kedatangan dari SDIT Al Qalam. Melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didiknya, karena kedua belah pihak tidak ada yang membatasi.

“Anak-anak kami yang memang memiliki kelebihan ternyata juga bisa sama dengan anak-anak yang berbeda dengan mereka. Alhamdulillah antusiasme anak-anak luar biasa,” tutup Arliana Meiliani. (*)