CIBINONG – Kontingen judo Kota Bogor sukses mempertahankan gelar juara umum setelah merajai Porda XIII/2018 dengan perolehan medali di luar dugaan. Menambah empat medali pada pertandingan pamungkas di GOR Lama Dramaga IPB, Kota Bogor secara total memborong 10 medali emas, 3 perak, dan 7 perunggu untuk mengunci gelar juara umum judo.

Dominasi Kota Bogor begitu kentara apabila melihat pencapaian kontingen daerah lain. Kota Bandung yang menjadi pesaing terdekat hanya mengumpulkan 4 medali emas, 3 perak, dan 7 perunggu, diikuti Kabupaten Bekasi dengan 3 emas, 3 perak, dan 9 perunggu. Sementara itu, tuan rumah Kabupaten Bogor berada di peringkat 4 klasemen akhir dengan 3 emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

“Ini pencapaian luar biasa, jauh melampaui target awal kami yang hanya 4 emas 2 perak, dan 4 perunggu. Kami berhasil meraih masing-masing 3 medali emas tambahan di luar target dari kelas senior dan senior,” kata Manajer Tim Judo Kota Bogor, An An Andri Hikmat seusai pertandingan.

Tim judo Kota Bogor berhasil melampaui pencapaian mengesankan Porda XII/2014. Saat itu, Kota Bogor menjadi juara umum judo dengan raihan 6 medali emas, 4 perak, dan 7 perunggu. Menurut An An, pencapaian sukses di Porda 2018 menjadi bukti keberhasilan pembinaan atlet judo di Kota Bogor.

“Kami murni berkompetisi dengan mengandalkan atlet-atlet hasil pembinaan sendiri, tidak ada mutasi, semua atlet asli Kota Bogor. Kami siapkan mereka secara berjenjang dari mulai tingkat TK, SD, SMP, sampai senior. Saking mudanya, beberapa di antara mereka bahkan masih bisa diandalkan untuk dua Porda ke depan,” kata An An.

Pada hari terakhir yang memerebutkan 8 medali emas kemarin, Kota Bogor berhasil mengirimkan 5 utusannya ke 4 partai final dan membuahkan 4 medali emas pula.

Reyhand Syach menyumbangkan medali emas bagi Kota Bogor setelah menundukkan Fazri Nurpalah asal Kabupaten Karawang pada final kelas 50 kilogram putra. Ath Thaariq menambah pundi medali emas Kota Bogor setelah menaklukkan Rizki Fauji dari Kabupaten Karawang pada final kelas -81 kg putra.

Dua medali emas lainnya untuk Kota Bogor didapatkan dari kelas putri. Windi Ardana menjadi yang terbaik pada kelas -44 kg putri setelah mengalahkan Pingkan Nur Habibah asal Sukabumi. Khasani Najmu Shifa mengunci medali emas dengan menundukkan Mutiara Amanda asal Kabupaten Karawang pada final kelas -63 kg putri. (net)