RUBIAKTO/RADARDEPOK BONGKAR : Sedikitnya 400 makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kumpi Saribah RT3/2 Kelurahan Grogol, Limo terpaksa dibongkar lantaran kena jalur tol, kemarin.
REGI/RADARDEPOK
DIBONGKAR: Akhirnya seluruh makam yang terkena Tol Depok-Antasari (Desari) di pemakaman Kumpi Saribah RW2 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo selesai direlokasi.

DEPOK – Setelah hampir satu bulan. Akhirnya, seluruh makam yang terkena Tol Depok-Antasari (Desari) di pemakaman Kumpi Saribah RW2 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo selesai direlokasi. Tak tanggung-tanggung, jumlah makam yang dipindah mencapai 526 makam.

Ketua panitia pemindahan, Nean Darmawan menyebutkan, lebih dari 526 makam di pemakaman umum RW2 Kelurahan Grogol direlokasi. Tadinya, memperkirakan hanya 400 makam yang terkena pembangunan tol. Tapi ternyata jumlah itu bertambah akibat banyak makam yang kena tapi tidak terdata. “Tanda makam berupa nisan atau tanda lainnya tidak nampak saat pendataan awal,” ujar Nean kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, jumlah 526 dapat dipastikan setelah pihaknya melakukan pendataan ulang, dengan melibatkan ahli waris jenazah yang terkena relokasi. Dipastikan semua pemindahan makam dilakukan sesuai tata cara pemakaman.

Mulai dari memandikan jasad, mengafani dan menyolatkan dan baru dikuburkan kembali. “Semua sudah sesuai tata cara Islami. Termasuk jenazah yang tidak diketahui ahli warisnya semua diperlakukan sama,” tegas Nean.

Terpisah, Lurah Grogol, Abdul Amin mengaku, salut kepada para petugas pemindahan makam yang seolah tak pernah lelah, melakukan tugas mulia merapihkan kembali makam yang terkena pembangunan tol.  Apalagi jumlahnya sampai ratusan makam. “Luar biasa sudah hampi rsebulan mereka bekerja memindahkan makam, dan semua berjalan lancar dan tidak ada kendala,” tandas Amin singkat.(cr1)