AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK HARUS DIBENAHI: Kabel melintang di salah satu JPO yang berada di kawasan Jalan Margonda Raya, Senin (8/10). Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh pihak terkait karena dianggap mengganggu dan cukup membahayakan para pengguna jalan tersebut.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
HARUS DIBENAHI: Kabel melintang di salah satu JPO yang berada di kawasan Jalan Margonda Raya, Senin (8/10). Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh pihak terkait karena dianggap mengganggu dan cukup membahayakan para pengguna jalan tersebut.

DEPOK – Masalah sepele jangan dibiarkan begitu saja oleh pemerintah kota atau daerah. Sewaktu bisa membahayakan warga, seperti adanya kabel optik yang melintang di jembatan penyebrangan orang (JPO) depan Terminal Terpadu Depok ke Plaza Depok Jalan Margonda sangat membayakan bagi penyebrang.

Kondisi ini dikeluhkan Bakti, warga Kecamatan Pancoranmas, pada saat melintas di JPO. “Bahaya bikin ngeri itu kabel. Cuma ditopang bambu doangan, cepet gerak ditertibkan. Kan musibah nggak tahu kapan saja terjadi,” kata Bakti kepada Radar Depok di JPO, kemarin.

Hal yang sama dikatakan Yulia Angraini, warga Kecamatan Beji. Ia berharap pemkot segera menata kembali kabel-kabel yang membahayakan warga saat melintas di JPO.

“Jadi ngeri lewat JPO. Kalau saya nyebrang nggak lewat JPO ngeri juga, banyak kendaraan lalu lalang,” tutur dia.

Sebelumya, Pemkot Depok menertibkan tiang dan kabel udara yang semrawut di Jalan Margonda Depok, Senin (30/4).

Penataan tiang dan kabel dimulai dari kawasan Universitas Indonesia (UI) Depok hingga Ramanda.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, penertiban kabel udara merupakan program pemkot sejak bulan Juli tahun 2017. Penertiban bekerja sama dengan Jabartel untuk direlokasi ke saluran utilitas.

“Kami bekerja sama dengan Jabartel sebagai pelaksana yang mengumpulkan para vendor. Nantinya, kabel udara itu direlokasi ke saluran utilitas yang sudah disiapkan sebelumnya. Jadi dengan masuknya saluran utilitas ada retribusi dari para vendor,” kata Idris.

Ada dua tahap penertiban kabel udara di jalur UI sampai Ramanda. Sisi jalur pertama sepanjang 3,9 kilometer, dan kedua sepanjang 7 kilometer.

“Sementara penertiban kabel udara UI-Ramanda dari sisi kanan dan kiri jalan total sepanjang 10,9 kilometer. Sisanya dari Ramanda sampai ujung Jalan Kartini-Dewi Sartika,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Depok, Nuraeni mengatakan, penataan kabel tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 20 Tahun 2010, tentang Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-bagian Jalan.

Selain itu dikuatkan dengan Surat Edaran Wakikota Depok Nomor 600/0281-Pemb Tanggal 28 Mei 2017, tentang Instruksi Relokasi Kabel Udara ke Saluran Utilitas Bersama di Sepanjang Jalan Margonda.

“Penertiban tiang dan kabel udara ini sebagai upaya menata Jalan Margonda agar terlihat rapi dan indah,” kata Nuraeni. (irw)