INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK BERBAUR: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna meninjau Sumur Gondang di Kelurahan Harjamukti, kemarin.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
BERBAUR: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna meninjau Sumur Gondang di Kelurahan Harjamukti, kemarin.

DEPOK – Situs budaya Sumur Gondang di RT04/02, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, rencananya akan segera mendapat revitalisasi dari Pemerintah Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni, dan Budaya (Disporaparsenbud) siap menggelontorkan dana untuk renovasi bangunan tersebut.

“Ya ini adalah salah satu kekayaan cagar budaya di Kota Depok. Alhamdulillah ada bantuan perbaikan bangunan sebesar Rp50 juta,” kata Pradi saat ditemui dalam kegiatan Festival Budaya Sedekah Bumi di Sumur Gondang, Kamis (4/10).

Pradi menuturkan, anggaran untuk revitalisasi tersebut telah disiapkan dan pengerjaan renovasi dipastikan dilakukan tahun ini. “Disporaparsenbud dipastikan tahun ini (merevitalisasi) ya,” katanya.

Pradi menuturkan, Sumur Gondang dinilainya cukup unik. Karena selain lokasinya yang merupakan lahan terbuka hijau, ada mata air di sekitar sumur tersebut yang tidak pernah kering.

“Ini harus kita lestarikan. Selain peninggalan budaya menjadi salah satu lokasi yang sarat akan ruang terbuka hijau,” paparnya.

Dalam rangka memperingati malam 1 Syura, penduduk setempat menggelar Festival Budaya Sedekah Bumi, dengan memanjatkan doa dan menampilkan kebudayaan-kebudayaan khas Betawi.

Melihat festival ini, Pradi meminta untuk terus dilakukan. Selain pelestarian cagar budaya, juga sebagai ajang silaturahmi antar-warga.

“Bisa dilihat ya, semua kumpul dalam waktu ini merupakan sebuah cerminan kondisi yang rukun di Kota Depok,” katanya.

Pradi menegaskan, kedepannya pelestarian dan renovasi cagar budaya tidak hanya akan dilakukan di Sumur Gondang. Namun beberapa aset budaya lain juga akan direvitalisasi.

“Ya ada banyak di Kota Depok, salah satunya rumah Cimanggis,” tutup Pradi. (dra)