DICKY/RADAR DEPOK JANGAN MUDAH PERCAYA: Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan, Aipda Taslim memberikan imbauan antisipasi berita hoax di wilayah Kelurahan Pengasinan, kemarin.
DICKY/RADAR DEPOK
JANGAN MUDAH PERCAYA: Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan, Aipda Taslim memberikan imbauan antisipasi berita hoax di wilayah Kelurahan Pengasinan, kemarin.

DEPOK – Masyarakat Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, maupun sekitarnya diresahkan dengan adanya informasi penculikan anak.

Berita tersebut tersebar melalui media sosial di kalangan masyarakat. Namun secara tegas Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan menyatakan informasi tersebut hoax atau bohong.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan, Aipda Taslim mengatakan, berita penculikan anak diwilayah Kelurahan Pengasinan membuat dirinya geram. Pasalnya, informasi hoax yang tidak diketahui asal usulnya sumber informasi tersebar melalui media sosial sehingga masyarakat Kelurahan Pengasinan dan sekitarnya merasa cemas dan takut.

“Berita penculikan hoax tidak ada laporan masyarakat kepada kami yang merasa kehilangan anak,” ujar Taslim kepada Radar Depok, kemarin.

Untuk menghilangkan rasa kepanikan masyarakat, lanjut Taslim segera bergerak cepat memberikan informasi kepada masyarakat baik melalui pengurus lingkungan maupun masyarakat secara langsung, untuk tidak mudah percaya akan informasi tersebut. Menurutnya, berita hoax tentang penculikan anak juga terjadi di wilayah lain Kota Depok.

Taslim meminta, masyarakat harus dapat bersikap cerdas dan cermat dalam menerima sebuah informasi. Apalagi informasi yang didapat tidak jelas sumber pengirimnya maupun keabsahan informasi tersebut.

Masyarakat diimbau untuk tidak melanjutkan pesan berantai yang belum tentu kebenarannya untuk dikirimkan kembali kepada orang lain, maupun media sosial internet.

“Jangan mudah terpancing informasi yang belum tentu kebenarannya dan kami akan terus memerangi informasi hoax mencegah keresahan masyarakat,” tutup Taslim. (dic)