PEBRI/RADAR DEPOK EDUKASI: Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengadakan kegiatan Bintek Pendidikan Keluarga yang diikuti 250 peserta yang berasal dari sekolah-sekolah dan PKBM di Kota Depok.
PEBRI/RADAR DEPOK
EDUKASI: Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengadakan kegiatan Bintek Pendidikan Keluarga yang diikuti 250 peserta yang berasal dari sekolah-sekolah dan PKBM di Kota Depok.

DEPOK – Memberikan pendidikan keluarga di lingkungan sekolah, Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengadakan kegiatan Bintek Pendidikan Keluarga. Dalam kegiatan yang diadakan di Aula Teratai Balaikota Depok tersebut, diadakan selama dua hari, yakni 2-3 Oktober 2018.

Kabid PAUD dan Dikmas, Tatik Wijayati mengatakan, total ada 250 peserta yang ikut serta. Mereka berasal dari pengawas, penilik, dan kepala sekolah, mereka semua berasal dari jenjang pendidikan PAUD, SD, dan SMA di Kota Depok. Selain itu, ada juga peserta dari PKBM.

“Harus ada sinergitas dalam pendidikan keluarga, dan sekolah harus bisa memahami hal tersebut,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tatik menjelaskan, ini adalah kegiatan pendampingan untuk pihak sekolah dalam pendidikan keluarga. Jadi, sudah sejauh mana pihak sekolah dalam pendidikan keluarga di terapkan di sekolahnya. Ini berkaitan dengan kenyamanan siswa saat berada di sekolah, baik saat berinteraksi dengan siswa lainnya, ataupun saat belajar di ruang kelas.

“Tentunya, harus ada sinergitas yang baik antara pihak sekolah dan orang tua. Jadi, terjalin pendidikan dan pembinaan yang berkesinambungan satu sama lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida menuturkan, pemantauan dalam perkembangan siswa tidak hanya dari sekolah saja, tetapi yang utama berasal dari orang tua siswa. Jangan sampai anak-anak terbiasa dengan hal-hal negatif, sehingga berubah sudut pandang menjadi positif akan hal tersebut.

“Semua harus paham apa kewajiban dan hak sebagai seorang anak. Oleh karena itu, program Ramah keluarga, mengarah untuk memberikan kenyamanan untuk siswa beraktivitas dan mengembangkan kemampuannya ke arah yang positif,” katanya. (peb)