SANI/RADAR DEPOK PEMBINAAN: Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani sedang memberikan motivasi kepada siswa usai melaksanakan Salat Dzuhur berjamaah.
SANI/RADAR DEPOK
PEMBINAAN: Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani sedang memberikan motivasi kepada siswa usai melaksanakan Salat Dzuhur berjamaah.

DEPOK – Pembentukan karakter siswa, terus dilakukan SMPN 3 Depok. Sebagai langkahnya, SMPN yang berlokasi di Jalan Barito, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya tersebut, menggelar kegiatan-kegiatan yang sekiranya bisa berpengaruh pada pembiasaan yang baik dalam diri siswa.

Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani mengatakan, untuk pertama adalah pembentukan karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan. Dimana, tiap harinya siswa-siswa melaksanakan Salat Dzuhur berjamaah pada waktu istrahat kedua. Sedangkan, diistirahat pertama, kegiatan keagamaannya adalah Salah Duha berjamaah.

“Tetapi, pada hari Jumat di pekan terakhir tiap bulannya, diadakan Sakat duga berjamaah di halaman sekolah. Dihari itu, siswa juga diberikan tausiah,” ucapnya kepada Radar Depok.

Erna menuturkan, di hari Jumat itu, memang diadakan kegiatan yang berkaitan dengan pembentukan karakter siswa. Diadakan bergilir pertiap tingkatan kelas. Misalnya, di bulan pertama, di pekan keempat, kelas VII kegiatan olahraga, kelas VIII kegiatan Jumat Bersih, dan kelas IX diisi dengan kegiatan iman dan takwa (imtak).

“Karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai keagaman, tentu saja bisa membawa kebaikan untuk siswa kedepannya,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, tetapi ada juga karakter yang bersifat nasionalis yang diberikan ke siswa. Dimana, selain mengadakan kegiatan upacara bendera tiap pekannya. SMPN 3 Depok juga memanfaatkan momen-momen hari besar nasional. Contohnya pada saat perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu, diadakan upacara bendera dengan konsep yang berbeda dari biasanya.

“Bahkan, ada juga lomba menyanyikan Mars PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dan senam PPK, yang dilombakan perwakilan dari tiap kelasnya,” katanya. (san)