IST / RADAR DEPOK DIBERI OBAT: Suasana pemberian obat cacing oleh UPT Puskesmas Cilodong di Posyandu Rose 1.
IST / RADAR DEPOK
DIBERI OBAT: Suasana pemberian obat cacing oleh UPT Puskesmas Cilodong di Posyandu Rose 1.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong menargetkan akan memberikan obat cacing kepada 11.068 anak. Pemberian obat cacing tersebut sebagai upaya pencegahan massal kecacingan pada anak dengan sasaran anak usia balita, usia pra sekolah, hingga usia Sekolah Dasar (SD).

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di Posyandu Rose 1, RW 06, Kelurahan Kalibaru, Cilodong, terlihat petugas dari Puskesmas Cilodong sedang memberi obat cacing kepada anak – anak di wilayah tersebut. Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar wijayanti mengatakan, pihaknya sedang menggencarkan pemberian obat cacing di seluruh wilayah kerja Puskesmas Cilodong.

“Dengan rincian sebanyak 2.833 balita, 1.774 siswa TK/PAUD dan 6.461 siswa SD yang akan diberikan obat cacing,” tutur Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti.

Dikatakannya, pemberian obat cacing akan dilakukan ke posyandu dan sekolah pada bulan Oktober 2018. Dengan sasaran anak dan balita usia 12 bulan – 12 tahun.

“Kami menargetkan di bulan Oktober ini seluruh anak yang menjadi sasaran mendapatkan obat cacing,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dengan mengonsumsi obat cacing, maka anak-anak dapat terhindar dari penyakit cacingan. Dengan begitu, tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

“Cacingan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak karena sifat cacing yang memakan nutrisi dalam tubuh. Akibatnya dapat menyebabkan anak kekurangan gizi dan terjadi stunting karena pertumbuhan yang kurang baik,” tandasnya. (*)