Naweng Triwulandari, Kepala UPF Puskesmas Cipas
Naweng Triwulandari, Kepala UPF Puskesmas Cipas

DEPOK – Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Cisalak Pasar (Cipas) rutin melakukan pengecekan ulang kadar hemoglobin (Hb) remaja putri di wilayahnya. Pengecekan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi penyakit anemia ringan di kalangan remaja putri, sehingga dapat diberikan tablet tambah darah (TTD) secara intensif.

“Kami lakukan pemeriksaan secara berkala, apabila ada remaja yang mengalami anemia akan dilakukan pendampingan,” tutur Kepala Puskesmas Cipas, Winarni Naweng Triwulandari.

Dikatakan Naweng-sapaannya-, pemerikasaan bagi penderita anemia sedang dan ringan akan dilakukan selama empat hari berturut-turut. Selanjutnya, untuk terus meningkatkan kadar Hb akan dilakukan pemberian TTD selama satu bulan secara intensif.

“Pendampingan, tentunya untuk mengetahui tentang perkembangan setelah diberikan pengobatan,” katanya.

Naweng berharap, dengan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan kesehatan remaja putri di Kota Depok, terutama bagi penderita anemia. Mengingat, penyakit tersebut akan berdampak bagi perempuan saat hamil dan melahirkan.

“Pencegahan dilakukan sejak dini, agar saat nanti sudah menikah status kesehatannya dapat stabil dan normal,” pungkasnya. (dra)