ISTIMEWA LIHATLOKASI: Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto Jorghi (tiga kanan) saat mengunjungi Kali Angke yang beradai di RT2/7, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, beberapa waktu lalu.
IST FOR RADARDEPOK
LIHATLOKASI: Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto Jorghi (tiga kanan) saat mengunjungi Kali Angke yang beradai di RT2/7, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, beberapa waktu lalu.

DEPOK – Pemkot Depok berencana akan memperbaiki turap Kali Angke yang berada RT2/7, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Turap yang memiliki panjang sekitar 75 meter diprediksi akan menghabiskan anggaran sekitar Rp1,5 milyar.

Keberadaan Kali Angke yang berada diwilayah Kelurahan Curug, kondisinya membutuhkan perhatian Pemkot Depok terkait dengan infrastruktur pembangunan. Selain jembatan penghubung antara wilayah pemukiman RW7 dengan pemakaman umum yang berada disebrang, karena dibelah Kali Angke dibutuhkan pembuatan turap.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Manto Jorghi mengatakan, pembuatan turap Kali Angke diwilayah Kelurahan Curug, merupakan upaya untuk mencegah terjadinya longsor diwilayah tersebut, diakibatkan derasnya aliran Kali Angke yang melintasi wilayah tersebut.

“Kami sudah melakukan peninjauan pada 2017 untuk melihat langsung kondisi lapangan,” ujar Manto.

Manto menerangkan, rencana pembuatan turap Kali Angke yang memiliki panjang sekitar 75 meter, direncanakan pembangunan tersebut akan berlangsung triwulan ketiga tahun anggaran 2018. Manto menilai, turap Kali Angke nantinya akan memiliki ketinggian sekitar tiga hingga lima meter dengan memakan biaya anggaran sekitar Rp1,5 miliar.

Manto menuturkan, selain pembuatan turap, dia melihat jembatan penguhubung perlu mendapatkan pembangunan. Namun, DPUPR Kota Depok tidak dapat melakukan intervensi namun hanya melakukan pengawasan pembangunan. Hal itu dikarenakan untuk pembangunan fisik jembatan pada tahun anggara 2018 dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Kami akan terus berupaya dan semoga tidak ada kendala yang berarti,” tutup Manto. (dic)