SANI/RADAR DEPOK PEMBENTUKAN KARAKTER : SD Dian Didaktika menggelar kegiatan Market-Literasi Day di lapangan sekolah yang berlokasi di Jalan Rajawali, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, (3/10).
SANI/RADAR DEPOK
PEMBENTUKAN KARAKTER : SD Dian Didaktika menggelar kegiatan Market-Literasi Day di lapangan sekolah yang berlokasi di Jalan Rajawali, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, (3/10).

DEPOK – Ratusan siswa SD Dian Didaktika memenuhi lapangan upacara, kemarin (3/10). Rupanya mereka tengah menggelar kegiatan Market dan Literacy Day. Kegiatan dibagi menjadi dua, kelas I-III Literasi dan kelas IV-VI berjualan berbagai jenis makanan hingga mainan.

Kepala SD Dian Didaktika, Moch. Syahudin Heriyanto mengatakan, Market dan Literacy Day merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menumbuhkan sisi entrepreneurship sekaligus gerakan literasi dalam diri siswa sejak dini.

“Dua kegiatan ini merupakan bentuk penekanan sekolah dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) ke siswa. Jadi sama-sama belajar tentang literasi, bedanya kelas IV-VI literasi tentang keuangan,” katanya kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan, gerakan literasi sudah diterapkan di SD Dian Didaktika sejak 2016. dimana setiap harinya sebelum mulai belajar siswa membaca buku 10-15 menit. Dan setiap satu bulan sekali di hari Kamis melaksanakan kegiatan Readhaton atau membaca buku secara massal.

“Hari ini (kemarin, red) juga kami gelar Readhaton dan workshop literasi untuk kelas bawah,” jelas Syahudin.

Sementara itu, Ketua pelaksana, Rina Kurniasih menuturkan, dalam kegiatan market day setiap kelas dibagi menjadi lima sampai enam kelompok dengan modal yang hanya dibatasi tidak lebih dari Rp 200-300 ribu. Harga penjualan barang pun tidak boleh lebih dari Rp 10 ribu.

“Ini adalah hasil dari kreativitas mereka dari pra sampai pasca acara. Jadi semua yang menyiapkan keperluan siswa dengan bantuan orangtua dan guru kelas. Nantinya kegiatan akan rolling pada Desember 2018, jadi kelas atas literasi kelas bawah market day,” tuturnya.

Acara bertempat di lapangan upacara sekolah di Jalan Rajawali, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere. Di temui di lokasi, Kanu Rayshaan Losari kelas VI-C bersama timnya membuat es buah yang terbuat dari jelly, jus mangga, dan potongan buah mangga. Dia menjual dengan harga Rp6.000.

“Saya punya ide ini karena sering dibuatkan sama nenek kalau lagi ada acara keluarga. Kegiatan market day ini bisa mengajarkan saya caranya jual-beli dan melayani pelanggan dengan baik,” tutup Kanu. (san)