PEBRI/RADAR DEPOK BELAJAR: Siswa-siswa kelas XII SMKN 2 sedang melaksanakan simulasi USBN yang diadakan Direktorat PSMK Kemendikbud.
yamaha-nmax
PEBRI/RADAR DEPOK
BELAJAR: Siswa-siswa kelas XII SMKN 2 sedang melaksanakan simulasi USBN yang diadakan Direktorat PSMK Kemendikbud.

DEPOK – Direktorat Pembinaan SMK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melaksanakan simulasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di SMKN 2 Depok. Di SMKN yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sawangan tersebut, ada tiga jurusan yang melaksanakan simulasi USBN, yakni jurusan Teknik Audio Video, Jasa Boga, dan Tata Busana.

Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin mengatakan, dalam kegiatan tersebut, mata pelajaran yang diujikan, berbeda-beda tiap jurusannya. Untuk Teknik Audio Video, yang diujikan adalah Dasar-dasar Teknik Elektronika, lalu di jurusan Jasa Boga ada Dasar-dasar Tata Boga, dan di jurusan Tata Busana mata pelajaran Dasar-dasar Tata Busana.

“Semuanya adalah mata pelajaran produktif dari tiap jurusan. Tetapi untuk soalnya diberikan dari pihak Direktorat,” ucapnya kepada Radar Depok.

Baca Juga  Penjualan Rica Keong Mas hingga Amerika

Tatang menuturkan, tiap jurusan ada 40 siswa yang ikut serta dalam simulasi USBN. Ini juga jadi pembelajaran untuk siswa kelas XII tentang sejauh mana pengetahuan yang mereka dapatkan selama pembelajaran. Selain itu, ini juga bisa menjadi bahan evaluasi sekolah, tentang sejauh mana ilmu yang disampaikan, diserap siswa.

“Simulasi ini diadakan tidak hanya diadakan di Kota Depok saja, tetapi juga di kawasan Jabodetabek dan Bandung. Untuk di Kota Depok ada empat SMK yang menjadi lokasi simulasi USBN dari Kemendikbud,” katanya. (peb)