PEBRI/RADAR DEPOK PROGRAM: SMPN 25 Depok mengadakan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi Zipgrade untuk raport PTS Ganjil.
PEBRI/RADAR DEPOK
PROGRAM: SMPN 25 Depok mengadakan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi Zipgrade untuk raport PTS Ganjil.

DEPOK – Di SMPN 25 Depok diadakan kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi Zipgrade untuk menganalisis soal, sekaligus sosialisasi penggunaan aplikasi raport terbaru. Hal itu, mengingat semakin dekatnya pembagian raport nilai Pekan Tengah Semester (PTS) ganjil.

Kepala SMPN 25 Depok, Wahyu Hidayat mengatakan, hal itu sesuai dengan salah satu visi yang digaungkan SMPN 25 Depok yakni, unggul dalam perkembangan tekhnologi.

“Tentunya sekolah harus terus mengikuti perkembangan zaman, terutama tentang teknologi. Karena, sekarang ini ada beberapa administrasi yang menggunakan teknologi,” ucapnya.

Tidak hanya itu saja, jangan sampai siswanya saja yang memahami tentang perkembangan teknologi, dan guru-gurunya tertinggal. Oleh karena itu, guru harus terus mengikuti perkembangan teknologi. Karena, siapapun yang berada di dalam dunia pendidikan, pengetahuannya harus terus berkembang.

“Teknologi harus diikuti perkembangannya. Tentunya dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, dan bisa memajukan dunia pendidikan,” katanya.

Sementara itu, dalam paparan tentang aplikasi Zipgrade yang disampaikan oleh Erik Maulana mengatakan, penggunaan aplikasi Zipgrade sesungguhnya merupakan hasil evaluasi dari penggunaan aplikasi PTS online terdahulu, tepatnya pada tahun ajaran 2017/2018. Meski keduanya sama-sama berbasis online, namun pada penggunaan aplikasi sebelumnya cenderung beresiko. Pasalnya peserta didik harus menggunakan handphone untuk dapat mengakses soal ujian, yang terindikasi dapat menimbulkan kecurangan dengan mencari jawaban melalui mesin pencarian (Google).

Erik menjelaskan, tujuan dari penggunaan aplikasi dalam PTS online ini, untuk memudahkan dewan guru dalam mengolah nilai secara lebih efektif dan efisien.

“Beda halnya dengan aplikasi Zipgrade, peserta didik cukup diberikan lembar jawaban yang telah di design khusus, agar mampu men-scan kertas jawaban yang telah di isi kunci jawaban yang benar oleh guru mata pelajaran pada ujian mata pelajarannya masing-masing di aplikasi Zipgrade dan nilai secara otomatis keluar,” katanya didampingi narasumber lainnya, Deddy Krisyanto. (peb)