SANI/RADAR DEPOK KERJA SAMA: Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani bersama dengan guru dan siswanya saat membersihkan area sekolah.
SANI/RADAR DEPOK
KERJA SAMA: Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani bersama dengan guru dan siswanya saat membersihkan area sekolah.

DEPOK – Pembentukan karakter yang berlandaskan pada kecintaan terhadap lingkungan terus digelorakan untuk siswa SMPN 3 Depok. SMPN yang berlokasi di Jalan Barito Raya, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya tersebut, memiliki beberapa program yang bisa membuat lingkungan sekolahnya menjadi lebih asri dan bersih.

Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani mengatakan, tentunya untuk pembentukan karakter siswa, tidak serta merta hanya sekedar meminta kepada siswa untuk membuang sampah pada tempatnya, atau sesuai dengan jenis sampahnya. Tetapi, semua itu juga harus ditunjang dengan kondisi lingkungan yang memang bersih dan sehat.

“Oleh karena itu, suasana di sekolah juga harus sejalan dengan pembentukan karakter siswa yang cinta terhadap lingkungan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Erna menuturkan, program yang dilakukannya adalah penataan taman sekolah, lalu membuat taman obat keluarga (toga). Kedua hal tersebut, untuk memberikan suasana yang asri di sekolah. Sehingga, siswa pun segan untuk membuang sampah sembarangan, karena lingkungannya sudah rapi dan bersih.

Selain itu, Erna juga membuat taman hidroponik di sekolahnya. Itu sebagai pembelajaran ke siswa, luas area untuk menghijaukan lingkungan, tidak menjadi kendala. Karena, menanam dengan cara hidroponik bisa menjadi solusinya. Bahkan, program daur ulang sampah juga menjadi hal yang ditekankan kepada siswa.

“Kami juga membuat satgas lingkungan, yang anggotanya adalah siswa. Jadi, melibatkan siswa untuk menjaga kondisi sekolahnya, dan saling mengingatkan sesama siswa,” tuturnya. (san)