IST DIPUJI: Walikota Depok saat mengunjungi Kecamatan Sukmajaya.
IST
DIPUJI: Walikota Depok saat mengunjungi Kecamatan Sukmajaya.

DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris memuji Kecamatan Sukmajaya sebagai daerah dengan penduduk berpendidikan jenjang perguruan tinggi (PT) terbanyak se-Kota Depok. Dengan jumlah penduduk 281.419 jiwa, dirinya meminta agar keunggulan potensi SDM tersebut bisa untuk mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kecamatan Sukmajaya.

Wali Kota Depok menuturkan, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, ada sekitar 220 warga Sukmajaya berpendidikan doktor (S-3), 2725 orang berpendidikan magister (S-2), dan lebih dari 25 ribu berpendidikan sarjana (S-1).

“Jumlah ini lebih banyak dari kecamatan lainnya. Misalnya di Cimanggis yang berpendidikan doktor masih di bawah 200 orang. Meskipun wilayahnya dekat dengan Universitas Indonesia (UI), tetapi kebanyakan di sana bukan ber-KTP Depok,” kata Mohammad Idris.

Dirinya berharap, dengan keunggulan ini, pemerintahan tingkat kecamatan bisa menggandeng para civitas akademika untuk melahirkan berbagai inovasi yang menunjang perkembangan Kecamatan Sukmajaya. Dengan demikian, secara tidak langsung juga terobosan tersebut berdampak positif terhadap IPM Kota Depok.

“Ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Kecamatan Sukmajaya, untuk lebih berkembang dengan inovasi-inovasi dari hasil riset yang dilakukan para akademisi,” tutupnya. (dra)