Tes SKD CPNS Dibagi 17 Sesi

In Utama
IRWAN/RADAR DEPOK
MEMANTAU TES CPNS: Kepala BKPSDM Kota Depok, Supian Suri meninjau para peserta yang mengikuti tes CAT CPNS, di Kabupaten Bogor, kemarin (30/10).

DEPOK – Sebanyak 5.689 peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Depok, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor, kemarin (30/10).

Tes SKD dilakukan 17 Sesi, dan dimulai pada 30 Oktober hingga 3 November 2018. Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri menyebutkan, pada hari pertama tes SKD digelar dalam dua sesi.

“Sesi pertama diikuti 172 peserta gabungan dengan Kabupaten Bogor, sesi kedua ada 350 peserta. Tetapi ada dua peserta di sesi pertama yang tidak hadir,” ungkap Supian kepada Radar Depok, saat meninjau lokasi ujian di Kabupaten Bogor, Selasa (30/10).

Hasil tes tersebut, bisa langsung diketahui oleh peserta ujian dengan melihat nilai yang dihasilkan. Pada tes SKD ini para peserta harus melewati sejumlah ujian. Di antaranya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Masing-masing ada 100 soal pilihan ganda, peserta diberi waktu 90 menit. Kalau betul semua skornya 500 poin,” tutur Supian.

Skor paling aman dan peserta bisa dinyatakan lulus harus mendapatkan nilai TWK 75 skor, TIU 80 skor, dan TKP 143 skor. Bila dinyatakan lulus, maka peserta akan melewati ujian selanjutnya.

“Nantinya diisi sesuai kuota 239 orang di berbagai bidang,” kata Supian.

Kuota tersebut dibagi ke dalam empat sektor. Yaitu tenaga pendidikan 108 orang, tenaga kesehatan 104 orang, tenaga teknis administrasi 13 orang, dan formasi khusus 14 orang untuk eks tenaga honorer K2.

Diketahui, Pemkot Depok empat tahun terakhir ini tidak membuka seleksi pendaftaran CPNS. Sementara rekrutmen CPNS di lingkungan Pemkot Depok dilakukan terpusat oleh BKN. “Seleksi berlangsung online, pakai komputer, semua soal disiapkan BKN. Pengumuman, pelaksanaan seleksi administrasinya juga online. Jadi tidak mungkin ada PNS titipan karena semuanya secara transparan sekarang,” tegas Supian.

Penetapan formasi CPNS Kota Depok ini didasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 308 Tahun 2018. (irw)

You may also read!

XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   KETIKA anda bilang cinta, maka pasti ada konsekwensinya. Karena setiap ucapan yang

Read More...
ilustrasi PNS ASN indonesia

Ada Lima ASN Positif Covid-19, Berikut Rinciannya

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Mulai menyebarnya Covid-19 di tubuh Apartur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan langkah cepat

Read More...

Mobile Sliding Menu