RICKY/RADARDEPOK BANTUAN: Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani didampingi DKPPP Kota Depok menyerahkan bibit ikan kepada Pokdakan di Kelurahan Duren Seribu, Bojongsari.
RICKY/RADARDEPOK
BANTUAN: Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani didampingi DKPPP Kota Depok menyerahkan bibit ikan kepada Pokdakan di Kelurahan Duren Seribu, Bojongsari.

DEPOK – Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani mengharapkan agar kelompok budidaya ikan (Pokdakan) yang ada di Depok berkembang, baik di sektor budidaya ikan konsumsi dan juga ikan hias. Hal ini dibuktikan dengan menyerahkan bibit ikan bagi Pokdakan di Kecamatan Bojongsari yang didampingi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP0 Kota Depok

Politikus PDI Perjuangan Kota Depok ini menjelaskan, penyerahan bibit ikan itu adalah hibah dalam bentuk barang berupa sarana untuk budidaya perikanan kepada kelompok budidaya ikan (Pokdakan) pada kegiatan peningkatan produksi ikan Tahun Anggaran (TA) 2018.

“Ini aspirasi saya, terkait usulan Pokdakan. Alhamdulillah sudah terealisasi,” kata Yuni kepadar Radar Depok, Jumat (12/10).

Ia menguraikan, untuk Pokdakan Daya Mandiri yang terdapat di Kelurahan Duren Seribu diberikan benih ikan lele sebanyak 48.450 ekor, pakan hiprivit 10 karung, postal 50 karung dan potas 1 kg. Kemudian Pokdakan Tumbuh Bersama yang berada di Kelurahan Duren Seribu diberikan benih ikan lele sebanyak 48.450 ekor, pakan hiprivit 10 karung, postal 50 karung dan potas 1 kg.

“Sedangkan Pokdakan Maju bersama yang terdapat di Kelurahan Serua mendapat benih ikan gurame 3.626 ekor dan pakan 3 karung. Kemudian, Pokdakan Cupang Bersama yang juga di Kelurahan Serua mendapatkan benih Ikan Cupang Halfmoon sebanyak 5.000 ekor, gelas plastic 120 pak, cacing sutra 40 air, gentong 5 buat, seser 2 buah dan 3 buah bak,” urainya.

Menurut Yuni yang kembali mencalonkan diri di Pileg 2019 untuk Dapil 6, yakni Cipayung, Bojongsari, Sawangan ini, sektor budidaya ikan di Depok, khususnya di Bojongsari sudah terkenal dengan ikan konsumsi dan ikan hiasnya. Sehingga, perlu upaya-upaya nyata untuk terus menggali potensi dan memberikan motivasi kepada para pembudidaya ikan dan Pokdakan untuk terus menggeluti bidang tersebut.

“Salah satu contohnya ya membantu memberikan bibit ikan seperti kemarin (Kamis 11/10),” terang Yuni.

Terkait ikan konsumsi, meningkatnya produksi perikanan juga dapat meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri sebagai indikator kinerja dan bagian penting untuk ketahanan pangan, terutama sebagai sumber protein.

“Itu kan sangat positif,” kata anggota Dewan yang hobi mendaki gunung tersebut.

Ia berharap, dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan perekonomian para anggota Pokdakan, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Bojongsari.

“Saya juga berharap agar lahan yang tersisa untuk budidaya ikan tidak hilang berganti perumahan dan bangunan-bangunan baru. Ini harus terus didorong agar para pembudidaya ikan dapat merasakan kesejahteraan,” pungkas Yuni. (cky)