Liga Inggris pekan ke-11 akan bergulir pada Sabtu malam besok. Laga panas antara Arsenal vs Liverpool, akan menjadi sajian utama pada akhir pekan ini.

Arsenal yang pada awal musim sempat menelan dua kekalahan beruntun, bangkit dengan meraih tujuh kemenangan beruntun. Laju kemenangan anak asuh Unai Emery baru terhenti saat mereka bermain imbang 2-2 dengan Crystal Palace akhir pekan lalu.

Sementara Liverpool, akan mempertaruhkan rekor belum terkalahkan mereka dari 10 laga. Terakhir, anak asuh Jurgen Klopp melibas Cardiff City 4-1.

Pelatih Arsenal, Unai Emery, mengaku sangat menyayangkan salah satu pemain andalannya tak dapat diturunkan saat akan bersua dengan Liverpool di laga pekan ke-11 Liga Inggris 2018-2019 pada Minggu 4 November 2018 dini hari WIB. Pemain yang tak bisa bermain itu adalah Matteo Guendouzi.

Sejak dilatih Emery, Guendouzi memang menjelma menjadi sosok gelandang yang dapat diandalkan. Meski usianya masih 19 tahun, Guendouzi mampu menjadi pilihan utama Emery di skuad inti The Gunners –julukan Arsenal. Tercatat, Guendouzi telah bermain di Liga Inggris 2018-2019 sebanyak sembilan pertandingan. Dari sembilan pertandingan itu, Guendouzi mampu memberikan lima kemenangan untuk Arsenal.

“Dia (Guendouzi) bermain dengan sangat baik dan dia selalu bermain dengan satu hal yang teramat penting, yakni semangat yang luar biasa. Dia sangat kompetitif. Akan tetapi, itulah sepakbola. Ketika Anda bermain, saat berada di lapangan, maka Anda bisa mendapatkan hal yang positif atau negatif,” tutur Emery, seperti dilansir dari laman resmi Arsenal, Jumat (2/11).

Manajer The Reds, Juergen Klopp, mengingatkan anak asuhnya untuk waspada terhadap para pemain The Gunners. Pertemuan kedua tim diprediksi bakal berjalan menarik, terutama soal hasil akhir. Pasalnya, baik Liverpool atau pun Arsenal, sedang dalam performa apik. Arsenal belum terkalahkan dalam delapan laga terakhir, tujuh di antaranya adalah kemenangan.

Sementara Virgil van Dijk dkk, merupakan satu dari tiga tim yang belum menelan sekali pun kekalahan sejauh ini. Tidak heran jika Merseyside Merah kini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara, hanya kalah selisih gol dari Manchester City.

“Melawan tim seperti mereka selalu menjadi tantangan besar bagi kami. Mereka adalah tim kuat dan ini akan menjadi pertandingan menarik bagi kami. Kami harus memastikan diri siap menghadapi mereka,” kata Klopp pada konferensi pers jelang laga.

Rekor lebih memihak pada tuan rumah ketika pertandingan digelar di kandang. Dari 83 pertandingan yang digelar di kandang The Gunners, 40 pertandingan menjadi milik Aaron Ramsey dkk, sementara tim tamu menang 20 kali.

“Mereka mencetak begitu banyak gol dan juga bagus dalam bertahan. Kami harus memastikan mereka tidak mencetak gol di laga nanti. Selain itu, kami juga harus siap tampil dengan kekuatan penuh,” imbuh mantan pelatih Mainz tersebut.

Meski unggul secara rekor pertemuan di kandang, Arsenal tetap harus waspada. Pasalnya, mereka gagal menang dalam tiga laga kandang terakhir melawan Liverpool. Dari tiga laga, dua berakhir imbang sementara sisanya berujung kekalahan.