DICKY/RADARDEPOK KEDEKATAN: Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo saat menghibur masyarakat di kantor Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Jumat (9/11).
DICKY/RADARDEPOK
KEDEKATAN: Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo saat menghibur masyarakat di kantor Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Jumat (9/11).

Menjadi bagian masyarakat sudah menjadi tugas polisi dalam mengayomi masyarakat, salah satunya Polsek Sawangan. Bermodalkan silahturahmi dan menjaga hubungan baik, Polsek Sawangan berusaha menjaga kondusifitas keamanan masyarakat diwilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo berdiri diatas panggung dengan mengeluarkan suara merdunya dengan diiringi musik. Secara tidak langsung masyarakat mengikuti nyanyian yang diabawakan dan ikut terhanyut dalam alunan lagu pada kegiatan yang digelar Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari.

Usai mendendangkan lagi dari Wali Band, Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo mengatakan, banyak cara yang dapat dilakukan anggota polisi untuk mendapatkan hati ditengah masyarakat. Hal itu dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi aktif dan silahturahmi antara polisi dengan masyarakat.

“Polisi merupakan pengayom masyarakat apabila sehingga dibutuhkan kedekatan,” ujar pria yang kerap disapa Prasetyo.

Pria asal Jawa Tengah tersebut mengungkapkan, kedekatan dengan masyarakat akan memudahkan ruang dalam memberikan sejumlah informasi khususnya dalam menjaga keamaman dan ketertiban masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari. Polisi harus selalu siap dan tanggap dengan yang terjadi ditengah masyarakat, baik itu saat terjadi perkara maupun kegiatan sosial masyarakat.

Prasetyo menilai, dengan kedekatan masyarakat akan memberikan sejumah informasi baik yang menyangkut gangguan kamtibmas maupun kondisi masyarakat disekitar. Hal itu dapat dijadikan benteng dalam membantu kepolisian dalam meminimalisir terjadinya kasus kriminalitas maupun tawuran antar pelajar maupun pemuda.

“Jangan ada jarak antara kepolisian dengan masyarakat karena kami bertugas memberikan rasa aman, nyaman, dan mengayomi,” tutup Prasetyo. (*)