IRWAN/RADAR DEPOK MEMANTAU PELATIHAN: Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Letkol Inf Iskandarmanto memantau pelatihan kerja di Makodim 0508 Depok, kemarin (6/11).
IRWAN/RADAR DEPOK
MEMANTAU PELATIHAN: Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Letkol Inf Iskandarmanto memantau pelatihan kerja di Makodim 0508 Depok, kemarin (6/11).

DEPOK – Tak hanya menjaga ketahanan negara, TNI juga berperan aktif dalam giat sosial. Guna menekan angka pengangguran, Kodim 0508/Depok memberikan pelatihan kerja kepada warga yang belum memiliki pekerjaan.

Di antaranya bidang mekanik atau mesin, mengemudi, cara mencat hingga keterampilan las karbit atau listrik. Ada 75 warga berasal dari sejumlah kecamatan, yang mengikuti pelatihan di markas Kodim 0508/Depok.

“Tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setelah mahir, kami harap mereka bisa mengembangkan inovasinya,” kata Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Iskandarmanto, Selasa (6/11).

Ia berjanji akan menyalurkan warga yang telah mengikuti pelatihan ke berbagai tempat usaha yang ada di Depok. Pihaknya mengaku, sudah berkoordinasi dengan berbagai tempat usaha termasuk bengkel, agar ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat.

“Ini merupakan bagian dari rangkaian TMMD ke-103,” tegasnya.

Dalam program itu, TNI juga memperhatikan fasilitas umum berupa perbaikan jalan di kawasan Cipayung, pembersihan aliran kali, penyuluhan bahaya anti narkoba, penyuluhan hukum, hingga pembelajaran bahasa Inggris, dan pengobatan secara gratis.

“Kami sangat berterimakasih pada TNI yang begitu terasa di hati rakyat. Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa diadakan jangan setahun sekali, tapi kalau perlu setiap bulan. Jujur, kami sangat merasakan manfaatnya, apalagi anak-anak. Salah satunya bisa belajar bahasa Inggris gratis dan dapat pelatihan las, bengkel,” kata Indra, salah satu warga Depok yang ikut dalam pelatihan tersebut. (irw)