INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK MENGUNJUNGI: Plt Lurah Mekarsari, Iqbal Faroid (dua dari kiri) mengunjungi kediaman Ketua RW05 untuk sosialisasi pembentukan RW Ramah Anak.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
MENGUNJUNGI: Plt Lurah Mekarsari, Iqbal Faroid (dua dari kiri) mengunjungi kediaman Ketua RW05 untuk sosialisasi pembentukan RW Ramah Anak.

Berdasarkan Surat Edaran Walikota Depok terkait pembentukan RW Ramah Anak di seluruh kelurahan di Depok, Kelurahan  Mekarsari, Cimanggis hingga saat ini sudah memiliki sebanyak 16 RW Ramah Anak.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di sebuah rumah ketua lingkungan RW05, Kelurahan Mekarsari, Plt Lurah Mekarsari, Iqbal Faroid mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar turun ke wilayah wilayah RW yang belum menjadi RW Ramah Anak. Hal tersebut dilakukan untuk menggenjot pembentukan RW Ramah Anak di seluruh wilayah Kelurahan Mekarsari.

“Target kami hingga akhir tahun dapat terbentuk 22 RW Ramah Anak. Alhamdulillah, hingga saat ini sudah 16 RW yang terbentuk,” tutur Plt Lurah Mekarsari Iqbal Faroid.

Dikatakannya, pada tahun 2016 telah terbentuk dua RW Ramah Anak yaitu di RW 13 dan RW 14. Sedangkan pada tahun 2018 bertambah 16 RW di RW 02, RW 03, RW 05, RW 06, RW 08, RW 09, RW 10, RW 11, RW 17, RW 18, RW 16, dan RW 07.

Iqbal menambahkan, pihaknya akan terus gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT-RW di setiap kegiatan masyarakat. Karena, menurutnya, dalam pembentukan RW Ramah Anak membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Kami akan terus mengingatkan kepada ketua RW yang belum terbentuk untuk segera menyusun dan membentuk RW Ramah Anak,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, diharapkan dengan komitmen bersama dalam membentuk RW Ramah Anak dapat menjadi sarana untuk memfasilitasi hak dan kebutuhan anak. Dengan begitu, anak-anak dapat tumbuh serta berkembang secara optimal.

“Dengan terpenuhinya hak dan kebutuhan anak, Insyaallah Kota Layak Anak akan terealisasi di Depok,” pungkasnya. (*)