SANI/RADAR DEPOK TAMPIL: Siswa-siswa dari SDIT Pondok Duta sedang menampilkan tari tradisional dalam kegiatan pensi yang bertajuk Pensil 2B.
SANI/RADAR DEPOK
TAMPIL: Siswa-siswa dari SDIT Pondok Duta sedang menampilkan tari tradisional dalam kegiatan pensi yang bertajuk Pensil 2B.

DEPOK – Yayasan Pendidikan Islam Pondok Duta (YPIPD) yang menaungi TK Islan Pondok Duta, SDIT Pondok Duta, dan SMPIT Pondok Duta mengadakan pentas seni (pensi).

Pensi yang diberinama Pensil 2B yang artinya Pentas Seni dan Lomba Berprestasi dan Berkarya menampilkan berbagai potensi dan bakat siswa dari tiap unit.

Ketua Umum YPIPD, Usman Rizal mengatakan, pensi memang jadi agenda tahunan yayasannya, dimana tiap unit dijadikan satu kegiatan. Tetapi, untuk temanya berbeda-beda tiap tahunnya.

“Untuk tahun ini temany adalah membangun karakter keislaman dengan kearifan budaya nusantara,” ucapnya kepada Radar Depok.

Usman menjelaskan, dalam pensi tersebut, tidak hanya ada penampilan siswa saja, ada juga talkshow, lomba-lomba untuk umum, dan bazar. Pihaknya telah mengundang 72 sekolah dalam berbagai jenjang untuk ikut serta meramaikan kegiatan pensinya. “Total siswa dari tiga unit, TK, SD, dan SMP jumlah siswanya ada sekitar 1.100 siswa,” katanya.

Usman menjelaskan, pihaknya sengaja mengambil tema tersebut, yakni ingin mengkolaborasikan antara nilai-nilai keislaman dengan budaya Indonesia. Jadi, pembentukan karakter siswanya lebih menyeluruh, mencakup aspek keagamaan dan sosial budaya.

“Menghadapi derasnya arus informasi yang tidak terbatas sekarang ini, benteng penghalangnya adalah diri sendiri. Oleh karena itu, pembentukan karakter yang berkualitas harus sejak dini, sebagai bekal mereka dewasa nanti,” jelasnya. (san)