RICKY/RADAR DEPOK POSITIF: Lurah Cipas, Cahyanto bersama warga sedang meramaikan CFD yang digagas UMKM PWCP dan RW8 Perumahan Pondok Cibubur Kelurahan Cipas, Kecamatan Cimanggis di lingkungan RW8.
RICKY/RADAR DEPOK
POSITIF: Lurah Cipas, Cahyanto bersama warga sedang meramaikan CFD yang digagas UMKM PWCP dan RW8 Perumahan Pondok Cibubur Kelurahan Cipas, Kecamatan Cimanggis di lingkungan RW8.

Pengurus RW8, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis berkolaborasi dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Paguyuban Warga Cisalak Pasar) menciptakan program yang positif bagi warga dan peningkatan ekonomi keluarga berbasis UMKM, yakni Car Free Day tiap dua bulan sekali di lingkungan mereka.

Laporan : Ricky Juliansyah

Bukan hanya di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta atau di Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) yang mengadakan acara hari bebas kendaraan atau istilah kerennya Car Free DAY (CFD). Di wilayah Kecamatan Cimanggis, tepatnya di lingkungan RW8 Perumahan Pondok Cubur, Kelurahan Cisalak Pasar.

Hasil kolaborasi antara pengurus RW8 Kelurahan Cisalak Pasar dengan UMKM PWCP ini mengadakan CFD tiap dua bulan sekali memanfaatkan fasilitas fasos fasum di Perumahan Pondok Cibubur sebagai ajang silaturahmi seluruh warga Cipas.

Koordinator Kegiatan, Salfiya Aziz kepada Radar Depok mengungkapkan, CFD ini pertama kali diadakan 30 September, semangatnya adalah ajang silaturahmi warga serta memanfaatkan ruang public yang ramah anak.

Perempuan berhijab ini menguraikan, selain itu juga menstimultan perekonomian agar UMKM semakin maju dan produknya dikenal oleh masyarakat sekitar, umumnya di Kota Depok hingga daerah lain.

“CFD ini juga untuk membangkitkan perekonomian keluarga berbasis UMKM,” kata Salfi.

 Pada CFD tanggal 9 Desember 2018 kemarin, turut dihadiri Lurah Cisalak Pasar, Cahyanto, Anggota DPRD Kota Depok, Sri Utami dan Ketua RW8 Kelurahan Cisalak Pasar, Suko Purwosunu. Menurutnya, pada CFD kali ini bertambah banyak warga yang hadir memanfaatkan kegiatan dua bulanan tersebut.

CFD, tidak hanya menjadi ajang untuk silaturahmi, olahraga dan perekonomian warga, namun, panitia penyelenggara juga menyisipkan agenda lomba mewarnai anak dan gelaran produk UMKM PWCP.

Bagaimana tidak ramai, dalam lomba mewarnai diikuti 80 anak dan peserta bazaar mencapai 95 UMKM, selain itu juga ada sosialisasi pembuatan lubang biopori dan pemberian tanaman secara simbolis dari Anggota DPRD Kota Depok, Sri Utami kepada Ketua RW08 Kelurahan Cisalak Pasar.

“Alhamdulillah semakin ramai, dari Ketua UMKM PWCP pun meminta agar CFD sendiri bisa berlangsung secara rutin agar UMKM di Cisalak Pasar bisa terus tumbuh danmemiliki pasar yang lebih luas lagi. Saya pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung kegiata, dari pak Lurah, anggota dewan, UMKM PWCP, dan warga yang hadir. Semoga makin ramai dan bisa digelar di tempat lain serta lebih bermanfaat untuk seluruh warga Depok kedepannya,” pungkas Salfi. (*)