Foto : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK BANYAK SAMPAH: Sampah tampak menghiasi joging track Situ Pedongkelan.
Foto : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
BANYAK SAMPAH: Sampah tampak menghiasi joging track Situ Pedongkelan.

Lintasan jogging track di Situ Pedongkelan Kelurahan Tugu, Cimanggis belum nyaman digunakan warga untuk berolahraga karena banyaknya sampah di sekitar linatasan yang baru saja dibangun.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Suasana kurang sedap terasa saat Radar Depok  mengunjungi  lokasi  jogging track di kawasan Situ Pedongkelan. Bau tak sedap dan sampah terlihat  berserakan di sepanjang areal tempat berlari terssbut.

Selain membuat suasana di sekitar menjadi kurang nyaman, keberadaan sampah juga dirasa menganggu warga yang hendak beraktivitas sekaligus berlibur di aset negara yang gratis digunakan untuk semua orang terssbut.

“Masih banyak sampah, harusnya enggak ada ya. Kalaupun ada sampah ya sedikit, enggak sebanyak ini. Sampahnya mengganggu, enggak enak dilihat, baunya bikin enggak betah,” kata Rina (45) di Situ Pedongkelan, Minggu (20/1).

Kondisi lintasan yang tak nyaman membuat niat awal Rina untuk berlibur dan menyusiri Situ Pedongkelan bersama suami, Teguh (48) dan anaknya, Erfan (8) buyar.

Mendapati banyaknya sampah, mereka memilih naik wahana bebek-bebekan untuk mengelilingi Situ yang revitalisasi menelan dana Rp5,5 miliar dari bantuan Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2018.

“Tadinya mau jalan-jalan keliling Situ, nemenin anak tapi karena banyak sampah enggak jadi. Anak sih pengen lihat orang mancing dari dekat, tapi mau gimana. Lihat dari bebek-bebekan saja,” ujar Teguh.

Sementara itu, Budi (43) warga kelurahan Pasir Gunung Selatan seorang pemancing yang kerap menyambangi Situ Pedongkelan menuturkan sampah yang berserakan di lintasan jogging track bekas lumpur dan sampah hasil pengerukan.

” Kayaknya itu sampah bekas urugan lumpur yang dikeruk kemarin,” sambungnya.

Meski bau tak sedap menyeruak, sejumlah pemancing tetap setia menunggu umpannya disambar ikan yang mendiami Situ Pedongkelan.

“Kalau yang mancing sih sudah biasa sama bau dan sampah ya, karena sebelum dikeruk ini kan dangkal banget sampai tumbuh rumput. Tapi kalau yang lari pagi jelas keganggu sama bau sampah,” pungkas Budi.(*)